BandungNewsPhoto.com adalah media online yang menampilkan foto-foto peristiwa kota Bandung dan Jawa Barat, Indonesia. Hotel Phone Persib

BandungNewsPhoto.com adalah media online yang menampilkan foto-foto peristiwa kota Bandung dan Jawa Barat, Indonesia. Hotel Phone Persib

BandungNewsPhoto.com adalah media online yang menampilkan foto-foto peristiwa kota Bandung dan Jawa Barat, Indonesia. Hotel Phone Persib

BandungNewsPhoto.com adalah media online yang menampilkan foto-foto peristiwa kota Bandung dan Jawa Barat, Indonesia. Hotel Phone Persib

BandungNewsPhoto.com adalah media online yang menampilkan foto-foto peristiwa kota Bandung dan Jawa Barat, Indonesia. Hotel Phone Persib
BandungNewsPhoto.com adalah media online yang menampilkan foto-foto peristiwa kota Bandung dan Jawa Barat, Indonesia. Hotel Phone Persib

INFO BERITA

Dirut PDAM Tirtawening Kota Bandung, Sonny Salimi, saat menyampaikan keterangan pers di kantornya, Rabu (18/11/2020). 15 Karyawan PDAM Tirtawening Positif Covid-19, 1 Orang Meninggal Dunia, Kantor Diisukan Lockdown. BNP/Yurri Erfansyah

15 Karyawan PDAM Tirtawening Positif Covid-19, 1 Orang Meninggal Dunia, Kantor Diisukan Lockdown, Ini Faktanya
BandungNewsPhoto.com - Rabu, 18 November 2020 15:29 WIB | 1245

BANDUNG - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung sedang diterpa hoaks.

 

Tak tanggung-tanggung yang diisukan itu adalah Direktur Utama PDAM Tirtawening Kota Bandung Sonny Salimi.

 

Sonny sempat diisukan meninggal dunia karena terkena Covid-19.

 

Jumpa pers pun digelar PDAM Tirtawening Kota Bandung pada Rabu (18/11/2020) pagi, dalam penyataannya Sonny menampik isu tersebut dan menyatakan ia dalam kondisi sehat.

 

“Sampai hari ini alhamdulillah saya sehat wal afiat seperti teman-teman wartawan lihat. Jadi isu yang mengatakan saya meninggal dunia karena Covid-19 adalah tidak benar. Dan sampai saat ini, tidak ada kebijakan lockdown di kantor PDAM Tirtawening,” kata Sonny pada wartawan yang hadir saat menyampaikan keterangan pers di kantornya di Jalan Badak Singa, Kota Bandung, Rabu (18/11/2020) pagi.

 

Mengenai berita 15 karyawan PDAM yang terpapar Covid-19, Sonny mengakui memang ada karyawannya yang positif dan dari 15 orang itu ada satu diantaranya meninggal dunia.

 

"Yang meninggal dunia adalah Direktur Air Minum (Diram) PDAM Tirtawening Kota Bandung, Aditytianto. Beliau meninggal pada Selasa 17 November 2020 kemarin," jelasnya.

 

Menurut Sonny, almarhum Aditytianto meninggal karena memiliki penyakit bawaan yaitu Diabetes Melitus.

 

"Istri dan anaknya pun dinyatakan positif Covid-19 namun sudah melakukan karantina di Tangerang,” jelasnya.

 

Sementara 14 orang karyawan lainnya saat ini tengah menjalani isolasi mandiri karena tanpa gejala.

 

Sonny menjelaskan, awal mula diketahui ada karyawan PDAM yang positif yaitu saat kegiatan Focus Grup Discussion (FGD) pada 1 November 2020 lalu, dimana Direktur Air Minum menjadi salah satu pesertanya.

 

Waktu itu, lanjut Sonny, swab test di lakukan saat itu karena ada seorang peserta yang sakit, dan hasilnya 6 orang termasuk Direktur Air Minum dinyatakan positif Covid-19.

 

“Dari situ kami langsung melakukan tindakan, setelah melakukan koordinasi dan mengikuti saran dari Dinkes yaitu melakukan isolasi. Selain itu ada kegiatan lain di hari yang berbeda, dan kami melakukan swab tes didapati 9 orang positif dan langsung dilakukan tindakan karantina. Dari 15 orang tersebut, hanya pak Diram yang mengalami gejala sementara lainnya tidak bergejala,” ungkap Sonny.

 

Karena kejadian tersebut maka diberlakukan kebijakan bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH) sebanyak 50 persen dari total karyawan dan terdapat 10 orang yang bekerja di rumah secara permanen karena memiliki penyakit penyerta.

 

"Selain itu kita menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk menekan risiko penularan Covid-19 di lingkungan kerja PDAM Tirtawening Kota Bandung," ujarnya.

 

Sonny menegaskan, tidak ada lockdown di kantornya sejak merebaknya kasus Covid-19 dan ada karyawan yang meninggal.

 

"Pelayanan tetap buka dan pelanggan tetap diperkenankan ke kantor namun menerapkan protokol kesehatan yang cukup ketat," katanya.

 

Menurut Sonny, sejak bulan Maret sampai sekarang PDAM Tirtawening cukup serius dalam penanganan Covid-19.

 

Sonny pun memaparkan langkah lain, yakni dengan menerapkan 3 M bagi karyawan yang masuk kerja dan tamu yang datang.

 

"Setiap karyawan, wajib pakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak," ucapnya.

 

Selain itu, menurut Sonny, karyawan sebulan sekali diberikan multi vitamin, dan juga dilakukan pemberian vaksinasi virus influensa.

 

PDAM juga, jelas Sonny, membuat puluhan tempat cuci tangan, menyediakan hands senitizer, periksa suhu tubuh bagi karyawan dan pengunjung, serta selepas karyawan pulang dilakukan sterilisasi ruang kerja.

 

"PDAM sejak munculnya Covid-19 dan sampai dinyatakan hilang akan terus membatasi pengunjung dan memaksimalkan hubungan dengan pelanggan melalui fasilitas daring," paparnya.

 

Sonny menjelaskan, sebelum ada pelayanan secara daring per hari pelanggan yang datang ke kantor PDAM mencapai 300 pelanggan, sekarang paling hanya 100 orang yang datang.

 

"PDAM juga membuat satgas Covid-19, selain itu sempat selama 4 bulan penghentian pencatat meter. Setiap hari juga dilakukan penyemprotan disinfektan di seluruh wilayah Kota Bandung, dan memberikan bahan disinfektan bagi yang membutuhkan karena kita buat sendiri," pungkasnya. BNP/yur

 

INFO BERITA
Sudhamek AWS Luncurkan Buku Mindfulness-Based Business: Berbisnis dengan Hati Kamis, 3 Desember 2020 09:34 WIB JAKARTA - Chairman PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk, Sudhamek AWS resmi meluncurkan buku karyanya ... PDAM Tirtawening Kota Bandung Bakal Tarik Air Dari Waduk Saguling Selasa, 1 Desember 2020 20:09 WIB BANDUNG - Untuk mengurangi defisit air bersih, PDAM Tirtawening Kota Bandung akan menarik air Waduk ... TIA Pharma Perkenalkan Herbatia Sari Imuno dan Herbatia Sari Oxyfit sebagai Imunostimulan dan Antioksidan Alami untuk Tetap Aktif di Tengah Pandemi Sabtu, 28 November 2020 10:44 WIB JAKARTA – Tingginya jumlah kasus Covid-19 di Indonesia yang saat ini  menembus angka 500.... Munas V PKS Menerapkan Protokol Kesehatan Tingkat Tinggi, Semua Peserta Wajib Jalani Test PCR Swab Sabtu, 28 November 2020 09:24 WIB BANDUNG - Pelaksanaan Munas V Partai Keadilan Sejahtera menerapkan protokol kesehatan tingkat tinggi... Nikmat Group dan Jovi Adhiguna Hadirkan Street Food Korea 'Gildak' Pertama di Kota Bandung Sabtu, 28 November 2020 09:18 WIB BANDUNG - Selain dikenal sebagai sosok selebgram papan atas tanah air, nama Jovi Adhiguna belakangan... Melonpan, Roti Khas Jepang Kesukaan Dorami Kini Hadir di Kota Bandung Jumat, 27 November 2020 14:15 WIB BANDUNG - Kota Bandung sebagai surganya kuliner. Kini semakin berwarna dengan hadirnya roti "Melonpa... KICKFEST Kembali Gandeng Shopee, Gelar Pameran Clothing Secara Online pada Desember Mendatang Jumat, 27 November 2020 10:03 WIB BANDUNG - Setelah sukses menggelar pameran clothing secara online pada bulan Juli 2020 yang lalu, KI... Koko Krunch Nutrismarta Bantu Penuhi Nutrisi Anak yang Dimulai dengan Sarapan Bergizi, Siap Belajar dari Rumah Sabtu, 21 November 2020 10:13 WIB JAKARTA – Sejalan dengan komitmen Nestlé untuk membantu 50 juta anak menjalani hidup le... TECNO Mobile Masuki Pasar Indonesia, Hadirkan Teknologi Mutakhir dengan Harga Bersaing Rabu, 18 November 2020 12:03 WIB JAKARTA - TECNO Mobile, brand ponsel terkemuka dunia, mengembangkan eksistensi globalnya ke pasar In... 'Obat Hipertensi dan Dislipidemia' dari Daewoong Pharmaceutical Terbukti Miliki Efek Penurun Tekanan Darah yang Luar Biasa, Hasil Uji Klinis Terdaftar di Jurnal Akademik SCI Tingkat Internasional Rabu, 18 November 2020 11:42 WIB JAKARTA - Penelitian klinis Daewoong Pharmaceutical (CEO Seung-ho Jeon) terkait dengan pengobatan hi...