• Rabu, 19 Januari 2022

Keberadaan Teras Cihampelas Direspons Positif Pelaku Usaha

- Selasa, 20 Februari 2018 | 15:03 WIB

BANDUNG - Terkenal dengan julukan kota fesyen, Kota Bandung memiliki banyak lokasi yang tidak boleh dilewatkan. Hampir semua wisatawan maupun warga Kota Bandung menyukai aktifitas belanja. Salah satu produk fesyen yang paling banyak dicari adalah jins.

Salah satu tempat di Bandung yang menyuguhkan fesyen celana jengki atau jins (jeans) yaitu Jalan Cihampelas. Kawasan ini memang sudah terkenal dengan jinnya sejak tahun 1980an. Cihampelas juga terkenal dengan patung super hero seperti Superman, Aladin, dan Rambo.

Salah satu pemilik toko jins Cihampelas, Yuli menuturkan, sudah lama berjualan di kawasan tersebut. Tokonya mampu menjual jins sebanyak 3 lusin dalam satu hari. Jin dibandrol dari harga Rp 100.000 hingga Rp 300.000. Beragam model dan jenis bahan tersedia di tokonya.

Menurutnya, omzet yang diperoleh semakin meningkat setelah adanya Teras Cihampelas. Hadirnya Teras Cihampelas membuat PKL lebih tertata. Sehingga para pemilik toko maupun PKL bisa lebih nyaman berjualan. "Ketika teras Cihampelas diresmikan, omzet penjualan semakin meningkat sekitar 80 persen," aku Yuli, Selasa (20/2/2018).

Sehingga, Yuli memastikan, toko-toko di kawasan Cihampelas tidak terpengaruh dengan maraknya penjualan online. "Berbeda ya, kan yang datang ke Cihampelas itu sengaja untuk jalan jalan sekaligus berbelanja. Kalau beli online itu hanya membeli barang saja. Jadi pengaruhnya tidak besar untuk para pedagang celana di Cihampelas," ujarnya.

Saat ini, wisatawan yang berkunjung ke Cihampelas masih didominasi dari pulau Jawa. Namun wisatawan Asia seperti dari Malaysia dan Singapura semakin menunjukan peningkatan.

Sementara itu, Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban Kecamatan Bandung Wetan, Nono menyampaikan, kawasan Cihampelas memiliki sebanyak 12 toko yang khusus menjual jins. Sementara itu untuk wilayah Coblong sendiri tidak jauh beda dengan jumlah toko yang berada di Bandung Wetan.

Sekedar diketahui, secara geografis, Cihampelas masuk dalam dua wilayah yaitu di antaranya kecamatan Coblong dan Kecamatan Bandung Wetan. Sedagkan Teras Cihampelas diresmikan pada 4 Februari 2017 lalu.

Menurutnya, pedagang jins Cihampelas sangat mendukung hadirnya tempat wisata Teras Cihampelas. Karena hadirnya Teras Cihampelas membuat para pedagang jins semakin nyaman berjualan. Para wisatawan juga semakin nyaman dan terus bertambah.

"Semenjak adanya Teras Cihampelas, PKL yang di bawah sudah direlokasi, sehingga sekarang mereka memiliki tempat dan bisa lebih leluasa berjualan. Sementara itu, untuk pedagang jins di jalan Cihampelas pun sama, lebih tertata sehingga para pembeli bisa berkunjung sekaligus berbelanja," ujarnya saat ditemui di kantor Kecamatan Bandung Wetan. BNP/Humas Pemkot Bandung

Editor: Administrator

Terkini

X