• Jumat, 1 Juli 2022

Ciptakan Generasi Berencana, BKKBN Ingatkan Remaja di Garut Jauhi Tiga Masalah Ini

- Senin, 1 April 2019 | 18:37 WIB

GARUT - Kelurahan Sukamentri, Kecamatan Garut Kota, Kabupate Garut menjadi titik terakhir dari rangkaian kegiatan BKKBN Jawa Barat bertajuk 'Sosialisasi Pembangunan Keluarga Melalui Genre Ceria Bersama Mitra Tahun 2019".

Hadir sebagai pemateri Kepala Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK) BKKBN Provinsi Jawa Barat, Pintauli R. Siregar dan anggota Komisi IX DPR RI, Haerudin dalam kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan di Gedung PKL Kelurahan Sukamenteri, Senin (1/4/2019).

Dalam paparannya, Pintauli Siregar menyoroti seputar permasalahan di kalangan remaja. Terutama kepada remaja perempuan, Pintauli mengingatkan pentingnya menjaga diri dari pergaulan.

Dia menjelaskan, salah satu ciri perempuan memasuki masa remaja adalah menstruasi. "Jika anak perempuan sudah menstruasi, itu artinya alat reproduksinya sudah siap dibuahi, dia sudah memasuki masa remaja," jelas Pintatuli.

Namun ungkapnya, seringkali terjadi kesalahpahaman di kalangan para remaja karena rentan terjebak pergaulan bebas. Remaja juga perlu diedukasi tentang usia ideal menikah.

"Akan tetapi, perlu kita sampaikan bahwa ada batasan usia menikah. Jadi sekalipun mereka sudah haid bukan berarti mereka sudah bisa melakukan pembuahan, apalagi sampai melanjutkann seks pranikah," jelasnya.

Yang paling penting kata Pintauli adalah mendorong remaja untuk menjauhi ataupun menghindari tiga masalah. "Jadi supaya menjadi generasi berencana, kita harus terhindar dari tiga hal yaitu seks bebas, napza (narkoba), dan menikah di usia dini," tuntasnya. BNP/Hendra ZA

Editor: Administrator

Terkini

Masa Tunggu Haji Jawa Barat Capai 32 Tahun

Senin, 27 Juni 2022 | 20:38 WIB
X