• Senin, 29 November 2021

Keren! Pemkot Bandung Ciptakan Peta Batasan Administrasi Tingkat RT dan RW

- Kamis, 4 November 2021 | 21:05 WIB
Aplikasi BSM+ ini bisa memantau jumlah RT dan RW di Kota Bandung termasuk delineasi batas petanya. (Humas Pemkot Bandung)
Aplikasi BSM+ ini bisa memantau jumlah RT dan RW di Kota Bandung termasuk delineasi batas petanya. (Humas Pemkot Bandung)

BANDUNGNEWSPHOTO - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memperbaharui peta Bandung Smart Map Plus (BSM+) dan menciptakan batasan administrasi tingkat RT dan RW.

Kepala Seksi Pengukuran dan Pemetaan pada Dinas Tata Ruang (Distaru) Kota Bandung Deni Pathudin mengatakan jumlah RT dan RW di Kota Bandung bisa terpantau dari BSM+ ini termasuk delineasi batas petanya.

"Saya pikir, baru Kota Bandung yang memiliki peta batasan administrasi sampai ke detail tingkat RT dan RW. Kita melakukannya dari tahun 2017 dan baru selesai tahun ini," ucap Deni di Balai Kota Bandung, Kamis, 4 November 2021.

Baca Juga: Jelang peringatan Hari Pahlawan, Masyarakat Harus Bangkit Hadapi Pandemi Covid 19

Deni mengatakan, dalam BSM+ juga tersedia peta 3 dimensi untuk bangunan di Kota Bandung. Permodelan 3 dimensi ini akan memberikan manfaat besar dalam menentukan kebijakan spasial ataupun menjadi bahan rujukan lainnya.

"Untuk bangunan tiga dimensi pada tahun 2017 kita telah melakukan pemetaan atau pemodelan terhadap bangunan di Kota Bandung. Ini sangat bermanfaat bagi Distaru ini bisa lakukan pemantauan izin yang diterbitkan dengan eksisting di lapangan," ujarnya.

Deni menambahkan, dengan adanya peta 3 dimensi ini juga memudahkan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bandung dalam memantau potensi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Baca Juga: Askot PSSI Gelar Kompetisi Sepak Bola dengan Protokol Kesehatan Ketat

"Untuk dinas perpajakan juga bisa melihat potensi dari salah satu bangunan seberapa besar PBB yang akan dihasilkan. Tahun sekarang kita pengembangan untuk menghitung potensi PBB dari objek bangunan," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Lukman Gusmanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BOR di Jawa Barat Turun hingga 2 Persen

Sabtu, 27 November 2021 | 20:26 WIB

5.300 Desa di Jabar Ditargetkan Punya BUMDes

Jumat, 26 November 2021 | 19:56 WIB
X