• Senin, 29 November 2021

Badan Kepegawaian Daerah Jabar Akan Luncurkan Jabar SMART Birokrasi

- Rabu, 10 November 2021 | 22:42 WIB
Kepala BKD Jabar Yerry Yanuar mengatakan Jabar SMART Birokrasi bertujuan untuk memberikan pelayanan prima kepada ASN agar dapat fokus berkinerja dan meningkatkan performa sebagai pelayan publik.  (Biro Adpim Jabar)
Kepala BKD Jabar Yerry Yanuar mengatakan Jabar SMART Birokrasi bertujuan untuk memberikan pelayanan prima kepada ASN agar dapat fokus berkinerja dan meningkatkan performa sebagai pelayan publik. (Biro Adpim Jabar)

BANDUNGNEWSPHOTO - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jabar akan meluncurkan Jabar Smart Birokrasi untuk menunjang kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemda Provinsi Jabar.

Menurut Kepala BKD Jabar Yerry Yanuar, Jabar Smart Birokrasi bertujuan untuk memberikan pelayanan prima kepada ASN agar dapat fokus berkinerja dan meningkatkan performa sebagai pelayan publik.

“Dengan ASN dapat fokus berkinerja terbaik, maka masyarakat akan mendapatkan pelayanan yang optimal dari ASN Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat,” ucap Yerry dalam AJIB (ASN Jabar Ikut Bicara) PODCAST EP.28.

Baca Juga: Ridwan Kamil Dorong EMCI Jadikan Moda Transportasi Sebagai Tempat Wisata

"Tujuh Aplikasi Layanan Kepegawaian telah terintegrasi dengan Sistem Informasi Aparatur Pemerintah Provinsi Jawa Barat (SIAp Jabar). Selain itu juga, telah terintegrasi dengan Sistem TTE (Tanda Tangan Elektronik) BSRE yang akan memaksimalkan pelayanan kepada pegawai,” tambahnya.

Adapun tujuh Aplikasi Layanan Kepegawaian Online dalam Jabar Smart Birokrasi, yakni (1) e-Cuti untuk pengelolaan cuti PNS, (2) e-Fungsional untuk pengajuan kompetensi dan pengangkatan Jabatan Fungsional, (3) e-Kartu untuk fasilitasi penerbitan Kartu Istri, Kartu Suami, Kartu Pegawai dan Kartu Taspen.

Kemudian, (4) e-KGB untuk proses kenaikan gaji berkala, (5) e-Mutasi untuk manajemen dan pengajuan perpindahan PNS antarperangkat daerah, (6) e-Pangkat untuk pengelolaan kenaikan pangkat PNS dari pengusulan sampai cetak SK, dan (7) e-Pensiun untuk pengajuan pensiun dari pengusulan sampai cetak SK Pensiun.

Baca Juga: 54 sekolah di Kota Bandung Siap Gelar PTMT Setelah Sempat Terhenti Karena Kasus Covid 19

Yerry menuturkan, selain tujuh aplikasi tersebut, BKD Jabar juga mengembangkan Fitur Executive Dashboard Kepegawaian yang berfungsi untuk memantau sejumlah aspek. Salah satunya aspek kompetensi dan pencapaian kinerja pegawai sehingga manajemen ASN Pemda Provinsi Jabar dilakukan secara akurat dan berbasis data.

Halaman:

Editor: Lukman Gusmanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BOR di Jawa Barat Turun hingga 2 Persen

Sabtu, 27 November 2021 | 20:26 WIB

5.300 Desa di Jabar Ditargetkan Punya BUMDes

Jumat, 26 November 2021 | 19:56 WIB
X