• Jumat, 3 Desember 2021

Jabar Kolaborasi dengan Universitas Nottingham dalam hal Transportasi Berkelanjutan dan Energi Terbarukan

- Kamis, 11 November 2021 | 19:03 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (tengah) ketika bertemu delegasi dari Universitas Nottingham dalam acara COP26. (Biro Adpim Jabar)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (tengah) ketika bertemu delegasi dari Universitas Nottingham dalam acara COP26. (Biro Adpim Jabar)

BANDUNGNEWSPHOTO – Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat kolaborasi dengan Universitas Nottingham dalam hal transportasi berkelanjutan dan energi terbarukan.

Kolaborasi tersebut terwujud dengan penandatangan Letter of Intent ketika Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bertemu delegasi dari Universitas Nottingham dalam acara COP26.

Pada acara COP26, Gubernur Ridwan menyampaikan perkembangan mengenai revitalisasi Sungai Citarum yang pada 2007 menurut Daily Mail dinyatakan sebagai Sungai Paling Tercemar. Dalam "Dialog Panel: Meningkatkan Tata Kelola dan Aksi Kolaborasi dalam Memerangi Sampah Plastik Laut Menuju Aksi Iklim di Indonesia", Gubernur menyoroti tantangan dalam membersihkan sungai dan kemajuan luar biasa yang telah dicapai Pemeda Provinsi Jawa Barat dalam beberapa tahun terakhir.

Baca Juga: Gubernur Sampaikan 11 Program Prioritas Jabar Tahun 2022

Dari 12 program yang diluncurkan, sebagian besar telah mencapai target menengah yang ditetapkan dengan beberapa yang melebihi target. Indikator kunci keberhasilan dari program revitalisasi Citarum tersebut adalah meningkatkan indeks kualitas air menjadi 70 pada 2030.

Atas alasan tersebut, Gubernur Jawa Barat mengundang Universitas Nottingham untuk berkolaborasi dengan tujuan meningkatkan keseluruhan indeks kualitas lingkungan di Jawa Barat. Sebagai bentuk manifestasi dari kerja sama terbaru Jawa Barat - Nottingham, Gubernur Ridwan Kamil menawarkan untuk memfasilitasi kolaborasi ilmiah antara Nottingham dan beberapa universitas di Jawa Barat.

Minister Counsellor Hartyo Harkomoyo menyambut baik penandatanganan LoI antara Jabar – Nottingham University.

Baca Juga: Peringatan Hari Pahlawan, Wali Kota Bandung Oded M Danial Ajak Warga Tanamkan Sikap Kepahlawanan

"Kami menyambut penandatanganan Letter of Intent antara Universitas Nottingham dan Pemerintah Daerah Jawa Barat dalam hal transportasi berkelanjutan dan energi terbarukan. Persetujuan ini menunjukkan langkah nyata kedua belah pihak mendukung tujuan nasional Indonesia dalam mengembangkan teknologi hijau (green technology),” kata Hartyo.

Halaman:

Editor: Lukman Gusmanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jabar dan Yogyakarta Kolaborasi Majukan Pramuka

Kamis, 2 Desember 2021 | 12:48 WIB
X