• Jumat, 3 Desember 2021

Masyarakat Diminta untuk Terlibat dalam Gerakan Sumur Resapan sebagai upaya Pencegahan Banjir

- Sabtu, 13 November 2021 | 14:51 WIB
Kepala Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat Dikky Achmad Sidik meninjau sumur resapan usai menjadi pembicara dalam Jabar Punya Informasi (JAPRI) di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat, 12 November 2021. (Biro Adpim Jabar/Denny Alung)
Kepala Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat Dikky Achmad Sidik meninjau sumur resapan usai menjadi pembicara dalam Jabar Punya Informasi (JAPRI) di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat, 12 November 2021. (Biro Adpim Jabar/Denny Alung)

BANDUNGNEWSPHOTO - Masyarakat diminta untuk terlibat aktif dalam gerakan sumur resapan sebagai upaya pencegahan banjir. Sumur resapan adalah salah satu gerakan yang akan diluncurkan di Jabar bulan ini sebagai salah satu gerakan untuk memasyarakatkan konservasi air ke dalam tanah.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat (Jabar) Dikky Achmad Sidik usai menjadi pembicara dalam Jabar Punya Informasi (JAPRI) di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat, 12 November 2021.

Menurut Dikky, Gerakan rekayasa konservasi air ini akan menggunakan alat sederhana untuk menampung air hujan ke dalam tanah yang rencananya akan dimulai dalam waktu dekat.

Baca Juga: Bazar Produk Kelautan dan Perikanan Jabar Berikan Ruang bagi Pelaku UMKM

Ada dua keuntungan bila gerakan sumur resapan ini dilakukan secara masif. Pertama, akan mengurangi debit air yang masuk ke drainase sehingga meminimalisir terjadinya banjir. Kedua, air tanah dapat terisi kembali melalui sumur resapan.

"Dengan gerakan ini debit air pada drainase menjadi berkurang dan bisa me-recharge air tanah lewat sumur resapan ini," ucapnya.

Pembuatan sumur resapan tidak perlu menggunakan teknologi khusus tetapi bisa dilakukan dengan sederhana di rumah-rumah. Dikky menyebut cara sederhana ini sudah pernah dilakukan oleh para Babinsa di Satgas Citarum Harum, yakni dengan menggunakan drum bekas yang dilubangi. Kendati kapasitas penampungan airnya kecil, tetapi cara itu sudah berfungsi sebagai sumur resapan.

Baca Juga: 22 Peserta dan 3 Pembina Kafilah Jabar Ikuti MTQ Korpri di Kendari Sulawesi Utara

"Bisa dengan cara sederhana menggunakan drum bekas yang dilubangi, secara fungsi itu sudah cukup hanya kapasitasnya saja kecil tetapi bila dilakukan dengan masif kan menjadi besar," tutur Dikky.

Halaman:

Editor: Lukman Gusmanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jabar dan Yogyakarta Kolaborasi Majukan Pramuka

Kamis, 2 Desember 2021 | 12:48 WIB
X