• Jumat, 3 Desember 2021

Gubernur Izinkan Namanya Jadi Merek Produk UMKM dengan Syarat Laporan dan Sesuai Etika Syariah

- Rabu, 24 November 2021 | 19:59 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bicara UMKM dalam Tepas Vol 11 di Anjungan Jabar TMII Jakarta, Rabu, 24 November 2021. (Biro Adpim Jabar/Angga Yogaswara)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bicara UMKM dalam Tepas Vol 11 di Anjungan Jabar TMII Jakarta, Rabu, 24 November 2021. (Biro Adpim Jabar/Angga Yogaswara)

BANDUNGNEWSPHOTOGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mempersilakan namanya dipakai masyarakat untuk merek produk UMKM dengan syarat laporan dulu dan bisnisnya sesuai etika syariah.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk dukungannya dalam menggerakkan ekonomi kerakyatan.

"Kalau menganggap nama saya bisa meningkatkan bisnis UMKM silakan dipakai," ujar Ridwan Kamil dalam Tepas Vol 11 di Anjungan Jabar TMII Jakarta, Rabu, 24 November 2021.

Baca Juga: Jabar Raih Realisasi Investasi Tertinggi di Indonesia

Tidak ada royalti yang harus dibayarkan. Kang Emil – sapaan akrabnya — hanya memberi dua syarat bagi UMKM yang akan menggunakan namanya. Pertama, harus memberitahu dirinya dulu. Kedua, bisnisnya harus yang sesuai dengan etika syariah.

"Syaratnya cuma dua, karena nama saya mau dipakai yaitu laporan dulu dan bisnisnya harus yang sesuai etika syariah, jangan namanya untuk karaoke plus Ridwan Kamil," katanya.

Kang Emil mengatakan, sejauh ini sudah ada 25 UMKM yang melapor menggunakan namanya. Beberapa contoh UMKM yang menggunakan namanya seperti Keripik Pedas Kang Emil, Toko Galon Ridwan Kamil, Tukang Cukur Kang Emil Bandung Juara, Sate Tusuk Ridwan Kamil, Cimol Kang Emil.

Baca Juga: 30 Camat Kota Bandung Ikuti Pelatihan Berakhlak

"Saya catat sudah ada 25 UMKM yang pakai nama saya," ujar Kang Emil.

Halaman:

Editor: Lukman Gusmanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jabar dan Yogyakarta Kolaborasi Majukan Pramuka

Kamis, 2 Desember 2021 | 12:48 WIB
X