• Kamis, 9 Desember 2021

Seblak dan Ranginang Ikan Tingkatkan Minat Konsumsi Ikan

- Kamis, 25 November 2021 | 20:18 WIB
Seblak dan ranginang ikan produk UMKM dapat meningkatkan minat dan kegemaran masyarakat mengonsumsi ikan. (Biro Adpim Jabar)
Seblak dan ranginang ikan produk UMKM dapat meningkatkan minat dan kegemaran masyarakat mengonsumsi ikan. (Biro Adpim Jabar)

BANDUNGNEWSPHOTO - Ketua Forikan Provinsi Jawa Barat Atalia Praratya Ridwan Kamil mengapresiasi seblak dan ranginang ikan produk UMKM dapat meningkatkan minat dan kegemaran masyarakat mengonsumsi ikan.

Saat ini konsumsi ikan masyarakat masih terbilang rendah disebabkan banyak hal seperti rasanya yang anyir, takut tertusuk duri, atau cara pengolahan yang rumit, atau budaya yang tidak terbiasa makan ikan.

“Banyak ibu-ibu yang jarang memberi masakan ikan untuk anaknya karena takut kena duri. Sehingga penting untuk membudayakan makan ikan ini. Menarik karena di sini ada olahan ikan dengan disajikan berbentuk seblak. Itu sesuatu yang disukai anak-anak,” ujar Atalia dalam peringatan Hari Ikan Nasional ke-8 di halaman depan kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jabar, Kamis, 25 November 2021.

Baca Juga: 123 Koperasi di Kelurahan dan Tempat Ibadah Kota Bandung Sudah Terbentuk

Selain seblak ikan, Atalia juga memuji kreativitas makanan kerupuk yang terbuat dari tepung plus sari ikan, kulit ikan, sampai bisa dibikin ranginang ikan.

“Ikan tidak selalu identik bentuk ikan, tapi bisa diperkenalkan dalam bentuk dan kemasan berbeda agar mudah disukai anak- anak. Contohnya olahan ikan tidak hanya jadi kerupuk kulit tapi jadi ranginang yang khas Jawa Barat,” kata Atalia.

Hari Ikan Nasional diperingati tiap 21 November. Pemda Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Kelautan dan Perikanan menggelar bazaar produk ikan yang diikuti 30 pelaku UMKM dari 27 kabupaten/kota. Jabar pun berpartisipasi secara daring dalam kegiatan makan ikan serentak 34 provinsi dan 13 negara yang jadi puncak peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) 2021.

Baca Juga: Ridwan Kamil akan Perjuangkan Kesejahteraan BPD

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono berharap kebutuhan protein masyarakat bisa terpenuhi dari ikan. Menurutnya, KKP memiliki tiga program terobosan guna memastikan keberlanjutan sumber daya ikan. "(Kita) mengelola sumber daya kelautan tetap sehat supaya hasilnya bisa memberikan manfaat yang luar biasa bagi masyarakat Indonesia," ujarnya.

Halaman:

Editor: Lukman Gusmanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PPKM Level 3 Batal, Jabar Tetap Berlakukan Pengetatan

Selasa, 7 Desember 2021 | 21:42 WIB

Pemkab Bandung akan Berupaya Penuhi Hak Kaum Difabel

Minggu, 5 Desember 2021 | 18:01 WIB
X