• Senin, 24 Januari 2022

Jabar Quick Response Gelar Latihan Water Rescue di Sungai Cimanuk Garut

- Senin, 29 November 2021 | 19:28 WIB
Jabar Quick Response (JQR) saat menggelar latihan water rescue kepada relawan Rumah Yatim di Sungai Cimanuk, Kampung Patrol, Desa Dangdeur, Kabupaten Garut, selama tiga hari pada 25-27 November 2021. (JQR)
Jabar Quick Response (JQR) saat menggelar latihan water rescue kepada relawan Rumah Yatim di Sungai Cimanuk, Kampung Patrol, Desa Dangdeur, Kabupaten Garut, selama tiga hari pada 25-27 November 2021. (JQR)

BANDUNGNEWSPHOTO - Jabar Quick Response (JQR) menggelar latihan water rescue kepada relawan Rumah Yatim di Sungai Cimanuk, Kampung Patrol, Desa Dangdeur, Kabupaten Garut, selama tiga hari pada 25-27 November 2021.

Kegiatan terebut dilakukan untuk menunjang kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana.

Selain water rescue, peserta juga diberikan pengetahuan soal self rescue deffensive dan offensive, serta membaca karakteristik sungai.

Baca Juga: Wali Kota Bandung Oded M Danial Serahkan Anugerah Budaya Kota Bandung Tahun 2021 kepada 24 Orang

Ketua Harian JQR Reggi Kayong Munggaran mengatakan, potensi relawan kebencanaan di Jabar sangat besar. Namun, katanya, banyak relawan kebencanaan yang tidak mendapat bekal berupa pengetahuan dan keahlian saat menangani bencana.

"Bicara relawan bukan berarti kita menolong seadanya. Ini yang barangkali salah kaprah. Itikad baik sudah bagus, cuma kemudian harus dibekali oleh pengetahuan. Membentuk pengetahuan ini baru satu tahap. Yang kedua adalah membentuk sikapnya, sikap untuk selalu siaga," kata Reggi dalam Podcast Juara.

"Harus ada ilmunya dulu. Oleh karena itu, kenapa kita melakukan pendekatan-pendekatan yang profesional. Penggunaan alat, instruktur dan kepelatihan, termasuk pengawasan-pengawasannya. Di JQR ini untuk water rescue sudah tersertifikasi semua anggotanya oleh Basarnas," imbuhnya.

Baca Juga: Four Points by Sheraton Bandung Luncurkan Konsep Makanan Sehat 'Pescatarian Best Brunch'

Reggi menuturkan, etos pertama dari rescue adalah mengamankan diri sendiri. Menurutnya, banyak relawan kebencanaan yang tidak memahami hal tersebut. Untuk menumbuhkan kesadaran itu, JQR pun rutin menggelar latihan-latihan mitigasi bencana dan penanganan bencana.

Halaman:

Editor: Lukman Gusmanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemda Provinsi Jabar Perbaiki 2.400 Rutilahu di Garut

Minggu, 23 Januari 2022 | 21:18 WIB

Arteria Dahlan Minta Maaf, Ridwan Kamil: Hatur Nuhun

Jumat, 21 Januari 2022 | 13:25 WIB
X