• Selasa, 17 Mei 2022

Ridwan Kamil Wakili Komitmen Reformasi Birokrasi Gubernur Se-Indonesia

- Rabu, 1 Desember 2021 | 21:14 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat acara penandatanganan komitmen bersama implementasi reformasi birokrasi pemerintah daerah di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu, 1 Desember 2021. (Biro Adpim Jabar/Pipin Sauri)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat acara penandatanganan komitmen bersama implementasi reformasi birokrasi pemerintah daerah di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu, 1 Desember 2021. (Biro Adpim Jabar/Pipin Sauri)

BANDUNGNEWSPHOTOGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mewakili Gubernur se-Indonesia menyatakan komitmen dan kesanggupan untuk melakukan perbaikan dan pembenahan dalam implementasi reformasi birokrasi.

Pernyataan tersebut disampaikan sebelum menandatangani komitmen bersama implementasi reformasi birokrasi di lingkungan pemerintah daerah.

Penandatanganan disaksikan langsung Menko Polhukam RI Mahfud MD dan Menpan RB Tjahyo Kumolo, dalam seminar nasional reformasi birokrasi, di Hotel Bidakara Jakarta, Rabu, 1 Desember 2021.

Baca Juga: 138 Kepala Sekolah Dasar di Kota Bandung Ikuti Gerakan Menulis Alquran

Ridwan Kamil membacakan lima butir pernyataan didampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani.

Adapun butir pertama dalam komitmen bersama tersebut adalah mendorong percepatan reformasi birokrasi di seluruh kabupaten/kota sebagai bentuk pelaksanaan peran perwakilan pemerintah pusat di daerah. Melalui perubahan dan pembaruan peningkatan budaya kerja yang lebih melayani, akuntabel, efektif efisien, dan pelayanan prima.

Butir kedua, memperbaiki perencanaan program dan kegiatan birokrasi melalui penyusunan peta jalan reformasi birokrasi. Selanjutnya diakomodasi dalam dokumen perencanaan dan keuangan pemerintah daerah, mulai dari rencana pembangunan jangka menengah daerah, rencana strategis, rencana kerja perangkat daerah, rencana kerja, dan APBD.

Baca Juga: Pemkot Bandung Kejar Target Vaksinasi dan Bantu UMKM ditengah Potensi Kehilangan PAD hingga Rp1 Triliun

"Ketiga, menyediakan sumber daya anggaran, manusia, dan sarana yang diperlukan dalam mempercepat reformasi birokrasi di lingkungan pemerintah daerah," kata Ridwan Kamil.

Halaman:

Editor: Lukman Gusmanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Yuk Rasakan Sensasi Jembatan Gantung Rengganis!

Selasa, 17 Mei 2022 | 10:53 WIB
X