• Sabtu, 29 Januari 2022

Ridwan Kamil akan Fasilitasi Pelaku Ekraf via Platform Digital NFT

- Kamis, 2 Desember 2021 | 13:44 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil bersama Ketua DPP PUTRI DI Yogyakarta, G.K.R Bendara membuka Jabar Motekar: Pameran Ridwan Kamil dan Industri Kreatif Jabar di Jogja Museum Nasional, Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta, Rabu, 1 Desember 2021. (Biro Adpim Jabar/Yogi Prayoga S)
Gubernur Jabar Ridwan Kamil bersama Ketua DPP PUTRI DI Yogyakarta, G.K.R Bendara membuka Jabar Motekar: Pameran Ridwan Kamil dan Industri Kreatif Jabar di Jogja Museum Nasional, Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta, Rabu, 1 Desember 2021. (Biro Adpim Jabar/Yogi Prayoga S)

BANDUNGNEWSPHOTO - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana akan memfasilitasi para pelaku ekonomi kreatif (ekraf) untuk menjual karyanya lewat platform digital Non-Fungible Token (NFT).

NFT adalah aset digital yang menggambarkan obyek asli seperti karya seni, musik, atau item yang terdapat pada game dan video. Secara sederhana, NFT mengubah karya seni digital dan jenis barang koleksi lainnya menjadi satu-satunya, sehingga karya seni tersebut bisa diverifikasi keasliannya dan mudah diperdagangkan melalui blockchain.

Saat ini, Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, tengah mencoba platform digital ini untuk direferensikan kepada industri ekonomi kreatif tentang bursa seni digital.

Baca Juga: Jabar dan Yogyakarta Kolaborasi Majukan Pramuka

Menurutnya, pemimpin di masa depan harus mulai melirik industri ekonomi kreatif dengan memanfaatkan platform ini.

“Seperti saya sampaikan selain pameran fisik, kita perlu bereksperimen dan berjualan di NFT. Sebuah bursa seni digital yang sedang saya eksperimenkan dalam dua minggu ini, kalau berhasil nanti seniman jalanan akan difasilitasi untuk jualannya di dua dunia,” ujar Kang Emil, usai membuka Jabar Motekar : Pameran Ridwan Kamil dan Industri Kreatif Jabar di Jogja National Museum, Rabu, 1 Desember 2021.

Dengan demikian, para pekerja seni akan mendapatkan kesejahteraan yang meningkat. Pendapatan pun akan didapatkan dari online maupun offline.

Baca Juga: Chef Hardian Eko Nurseto Buat Makanan Khas Jabar dan Yogyakarta 'Coletot' Ridwan Kamil: Saya Kasih Nilai 9

“Sehingga kesejahteraannya bisa berlipat lipat. Inilah jalan di masa depan, dan inilah kekayaan Indonesia,” sebutnya.

Halaman:

Editor: Lukman Gusmanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

NFT, Cara Baru Sejahterakan Seniman di Bandung

Rabu, 26 Januari 2022 | 20:29 WIB

Ridwan Kamil Tanggapi Pernyataan Edy Mulyadi

Selasa, 25 Januari 2022 | 23:28 WIB

33 Kasus Omicron di Jabar, 31 Sembuh

Selasa, 25 Januari 2022 | 21:26 WIB

Bandara Husein Sastranegara Siapkan Ruang Bagi UMKM

Senin, 24 Januari 2022 | 19:48 WIB

Pemda Provinsi Jabar Perbaiki 2.400 Rutilahu di Garut

Minggu, 23 Januari 2022 | 21:18 WIB
X