• Sabtu, 29 Januari 2022

Jabar - Yogyakarta Sepakat Kembangkan Potensi Daerah dan Pelayanan Publik

- Kamis, 2 Desember 2021 | 19:13 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat bertemu Sri Sultan Hamengkubuwono X di dalam acara Pesona Jabar di Area Candi Prambanan, Yogyakarta, Rabu, 1 Desember 2021 malam. (Biro Adpim Jabar/Yogi Prayoga S)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat bertemu Sri Sultan Hamengkubuwono X di dalam acara Pesona Jabar di Area Candi Prambanan, Yogyakarta, Rabu, 1 Desember 2021 malam. (Biro Adpim Jabar/Yogi Prayoga S)

BANDUNGNEWSPHOTO - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menandatangani kerjasama dengan Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tentang pengembangan potensi daerah dan pelayanan publik melalui pendekatan dua kebudayaan yang saling bersaudara.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X langsung menandatangai kesepakatan tersebut di Area Candi Prambanan, Yogyakarta, Rabu, 1 Desember 2021 malam dalam acara Pesona Jabar.

Pesona Jabar menjadi agenda penutup rangkaian kunjungan kerja Gubernur Ridwan Kamil hari pertama di Daerah Istimewa. Hari ini, gubernur beserta rombongan direncanakan akan menemui warga Sunda di Yogyakarta dan juga menjadi narasumber di Universitas Gadjah Mada (UGM).

Baca Juga: Disdagin Latih 46 Barista dan Roaster Jadi Gelegasi Kopi Bandung

Gubernur Ridwan Kamil mengungkapkan bahwa kehadirannya ke Yogyakarta atas undangan Sri Sultan Hamengkubuwono X untuk mendekatkan dua kebudayaan Sunda dan Jawa yang memiliki nilai sejarah panjang di bumi pertiwi sebagai simbol sila ketiga, yaitu persatuan Indonesia.

“Kami merasa kita harus menarasikan sebuah semangat persatuan yang mudah diucapkan tapi susah dilaksanakan,” ucapnya.

Sosok Sri Sultan menurut Ridwan Kamil ialah sebagai orang tua yang wajib diteladani. Dalam memimpin pada masanya berhasil mencetak sejarah dengan menghadirkan nama Jalan Siliwangi dan Jalan Pajajaran di Yogyakarta. Sebaliknya ada Jalan Hayam Wuruk dan Majapahit di belakang kantor Gubernur Jabar di Gedung Sate, Kota Bandung.

Baca Juga: Pemkot Bandung Luncurkan Layanan Informasi e-Partisipasi Kepada Forum RW

“Mewakili masyarakat Jabar saya mengapresiasi di zaman Sri Sultan lah penguatan sinergi dua budaya Jawa - Sunda terwujud secara konkret,” ujar Ridwan Kamil.

Halaman:

Editor: Lukman Gusmanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

NFT, Cara Baru Sejahterakan Seniman di Bandung

Rabu, 26 Januari 2022 | 20:29 WIB

Ridwan Kamil Tanggapi Pernyataan Edy Mulyadi

Selasa, 25 Januari 2022 | 23:28 WIB

33 Kasus Omicron di Jabar, 31 Sembuh

Selasa, 25 Januari 2022 | 21:26 WIB

Bandara Husein Sastranegara Siapkan Ruang Bagi UMKM

Senin, 24 Januari 2022 | 19:48 WIB

Pemda Provinsi Jabar Perbaiki 2.400 Rutilahu di Garut

Minggu, 23 Januari 2022 | 21:18 WIB
X