• Senin, 24 Januari 2022

Disnaker Kota Bandung Tingkatkan SDM Tekan Angka Penggangguran Akibat Pandemi Covid 19

- Jumat, 3 Desember 2021 | 10:41 WIB
Sekretaris Disnaker Kota Bandung Darto, memastikan telah menyiapkan sejumlah langkah strategis untuk menekan angka pengangguran di Kota Bandung, Kamis, 2 Desember 2021. (Humas Pemkot Bandung)
Sekretaris Disnaker Kota Bandung Darto, memastikan telah menyiapkan sejumlah langkah strategis untuk menekan angka pengangguran di Kota Bandung, Kamis, 2 Desember 2021. (Humas Pemkot Bandung)

BANDUNGNEWSPHOTO - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bandung akan meningkatkan upaya mencetak kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) untuk menekan angka pengangguran di Kota Bandung akibat pandemi Covid 19.

Sekretaris Disnaker Kota Bandung Darto memastikan telah menyiapkan sejumlah langkah strategis untuk menekan angka pengangguran di Kota Bandung, salah satunya adalah mencetak kompetensi SDM di Kota Bandung. Sehingga SDM di Kota Bandung memiliki kemampuan yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.

"Kita juga berupaya menaikan jumlah orang yang bisa kita latih. Terus mengembangkan layanan baru supaya orang makin mudah mendapatkan kompetensi dengan biaya lebih murah," ucap Darto di Balai Kota Bandung, Kamis, 2 Desember 2021.

Baca Juga: Ridwan Kamil Kunjungi Gus Miftah Konsultasi Pesantren Lansia di Jabar

Darto memaparkan, di tahun 2021 ini terjadi peningkatan angka pengangguran yang cukup signifikan. Sebab, tidak hanya diakibatkan oleh persaingan atau jumlah angkatan kerja dan peluang kerja yang tidak seimbang, tetapi juga terdampak oleh pandemi Covid 19.

Saat ini, tercatat ada sekitar 147 ribu jiwa atau 11,19 persen tingkat pengangguran di Kota Bandung. Jumlah ini mengalami kenaikan dari tahun 2020 lalu yang tercatat hanya 8,16 persen.

"Sehingga pemulihan ekonomi menjadi isu yang strategis di tahun 2022 nanti. Tentu Disnaker turut serta menangani pemulihan ekonomi ini kita akan lebih fokus," ujarnya.

Baca Juga: Ridwan Kamil Ajak Content Creator Kembangkan Kreatif dan Jaga Etika

Di samping mencetak SDM yang berkompeten, Darto mengungkapkan, Disnaker juga selalu mencari beragam strategi untuk bisa melakukan 'link and match' untuk merangsang penyerapan tenaga kerja yang lebih masif.

Halaman:

Editor: Lukman Gusmanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemda Provinsi Jabar Perbaiki 2.400 Rutilahu di Garut

Minggu, 23 Januari 2022 | 21:18 WIB

Arteria Dahlan Minta Maaf, Ridwan Kamil: Hatur Nuhun

Jumat, 21 Januari 2022 | 13:25 WIB
X