• Selasa, 9 Agustus 2022

Ridwan Kamil Sabet Inovasi ICMI Iptek Award pada Muktamar VII ICMI Tahun 2021

- Sabtu, 4 Desember 2021 | 19:43 WIB
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil saat menerima  penghargaan Inovasi ICMI Iptek Award dari Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) di Hotel Grand Asrilia, Kota Bandung, Sabtu, 4 Desember 2021. (Biro Adpim Jabar)
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil saat menerima penghargaan Inovasi ICMI Iptek Award dari Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) di Hotel Grand Asrilia, Kota Bandung, Sabtu, 4 Desember 2021. (Biro Adpim Jabar)

BANDUNGNEWSPHOTO - Pada Muktamar VII ICMI Tahun 2021 dan MILAD ke-31 ICMI, Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mendapat penghargaan Inovasi ICMI Iptek Award dari Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI).

Muktamar tersebut bertemakan "Membangun Indonesia Bermartabat, Menuju Indonesia Emas 2045" yang digelar di Hotel Grand Asrilia, Kota Bandung, Sabtu, 4 Desember 2021.

Kang Emil --sapaan Ridwan Kamil-- pada saat pandemi melanda, membuat aplikasi bernama Pikobar (Pusat Informasi dan Koordinasi Covid 19 Jabar). Pikobar menjadi sumber informasi penanganan Covid 19 di Jabar. Pikobar juga memiliki sejumlah fitur yang dapat memudahkan masyarakat mendapatkan informasi terkait penanganan Covid 19.

Baca Juga: Deddy Corbuzier Apresiasi Monumen Pahlawan Covid 19, Patut Dicontoh Daerah Lain

Pikobar pun mendapatkan penghargaan Special Award for Resiliency kategori Penanganan Covid 19 dalam IDC Digital Transformation Awards (DXa) Indonesia 2020. Kategori tersebut berkaitan dengan bagaimana teknologi berfungsi dalam penanganan Covid 19.

Kang Emil pun berinovasi dengan memanfaatkan teknologi 4.0 untuk menjawab persoalan yang ada. Salah satunya menghadirkan Jabar Digital Service (JDS) di bawah naungan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jabar.

Wakil Presiden (Wapres) RI K.H Ma'ruf Amin yang hadir dalam kegiatan tersebut menuturkan, ICMI menjadi simbol persatuan juga perkembangan umat Islam di Indonesia. ICMI bersama MUI menjadi inovator dalam menginisiasi Bank Muamalah.

Baca Juga: Pemda Provinsi Jabar Berikan Kadeudeuh untuk Atlet Paralimpik

“Kelahiran ICMI tiga dekade silam bukan sekadar wadah perkumpulan cendekiawan muslim, simbol perkembangan dan kemajuan umat Islam Indonesia. Membawa Indonesia ke arah kemajuan di antaranya dengan MUI, menginisiasi Bank Muamalah sebagai bank pertama di Indonesia,” kata Wapres.

Halaman:

Editor: Lukman Gusmanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X