• Senin, 24 Januari 2022

Wagub Jabar akan Lakukan Pengecekan Penyerapan Tenaga Kerja Disabilitas ke Perusahaan di Jabar

- Sabtu, 4 Desember 2021 | 20:07 WIB
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum (kiri)saat memperingati Hari Disabilitas Intetnasional di Aula Barat Gedung Sate Bandung, Sabtu, 4 Desember 2021. (Biro Adpim Jabar)
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum (kiri)saat memperingati Hari Disabilitas Intetnasional di Aula Barat Gedung Sate Bandung, Sabtu, 4 Desember 2021. (Biro Adpim Jabar)

BANDUNGNEWSPHOTO – Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum akan melakukan pengecekan langsung penyerapan tenaga kerja kaum disabilitas ke perusahaan yang ada di Jabar.

“Kepada perusahaan-perusahaan yang ada di Jabar yang belum menerima karyawan dari disabilitas, untuk membuka diri bagi mereka menerima karyawan, karena ini memang merupakan tuntutan undang-undang,” imbaunya.

Hal itu disampaikan Pak Uu, sapaan akrab Wagub Jabar pada acara Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2021, di Aula Barat Gedung Sate Bandung, Sabtu, 4 Desember 2021.

Baca Juga: Ridwan Kamil Sabet Inovasi ICMI Iptek Award pada Muktamar VII ICMI Tahun 2021

“Saya juga nanti akan mengecek ke perusahaan-perusahaan yang ada di Jabar, apakah sudah menerima karyawan dan karyawati yang disabilitas. Termasuk juga kepada para bupati dan wali/kota,” tegas Pak Uu.

Pak Uu menuturkan, Pemda Provinsi Jabar mendukung penuh pembentukan Komisi Nasional Disabilitas (KND), yang diamanatkan dalam UU Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas dan Perpres Nomor 68 Tahun 2020
tentang KND.

“Bagi perusahaan wajib sekian persen menerima karyawan disabilitas. Bukan hanya undang-undang, tetapi organisasi dunia pun memberikan warning harus memberikan peluang bekerja kepada disabilitas,” ujar Pak Uu.

Baca Juga: Deddy Corbuzier Apresiasi Monumen Pahlawan Covid 19, Patut Dicontoh Daerah Lain

Menurutnya, dalam UU dan Perpres tersebut sudah diatur terkait hak kaum disabilitas untuk mendapatkan kesempatan bekerja di perusahaan maupun di pemerintahan daerah. Untuk itu, Pak Uu mengimbau bagi pengelola perusahaan agar segera mengimplementasikan aturan tersebut.

Halaman:

Editor: Lukman Gusmanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemda Provinsi Jabar Perbaiki 2.400 Rutilahu di Garut

Minggu, 23 Januari 2022 | 21:18 WIB

Arteria Dahlan Minta Maaf, Ridwan Kamil: Hatur Nuhun

Jumat, 21 Januari 2022 | 13:25 WIB
X