• Sabtu, 29 Januari 2022

Taman Cibeunying Selatan dan Pasar Cihapit Jadi Tempat Nostalgia Sri Sultan Hamengku Buwono X

- Selasa, 7 Desember 2021 | 19:23 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menjemput sekaligus mengajak Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X untuk bernostalgia di Kota Bandung, Selasa, 7 Desember 2021. (Biro Adpim Jabar/Yogi Prayoga S)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menjemput sekaligus mengajak Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X untuk bernostalgia di Kota Bandung, Selasa, 7 Desember 2021. (Biro Adpim Jabar/Yogi Prayoga S)

BANDUNGNEWSPHOTO - Taman Cibeunying Selatan dan Pasar Cihapit selalu diingat oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Ratu Hemas saat bernostalgia di Kota Bandung.

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menjemput sekaligus mengajak mereka saat kunjungannya di Kota Bandung, Selasa, 7 Desember 2021.

“Karena dulu, Ratu Haemas ini orang tuanya dinas di Bandung. Ngarso Dalem (Sri Sultan) sering mengunjungi. Jadi, tadi kita lewat Taman Cibeunying Selatan terus ke Cihapit, karena ternyata Ratu Hemas dulu sering jalan kaki belanja ke Pasar Cihapit dan makan di sini (Ayam Goreng Nikmat Panaitan),” ucapnya.

Baca Juga: Pemerintah Batal Terapkan PPKM Level 3 Saat Nataru

Selama berkeliling ke berbagai sudut Kota Bandung. Kang Emil mengajak Sri Sultan Hamengku Buwono X melewati Jl. Majapahit dan Jl. Hayam Wuruk yang berada di pusat kota.

Awalnya, Kang Emil --sapaan Ridwan Kamil-- menjemput Sri Sultan Hamengku Buwono X menggunakan kendaraan dinas atau mobil listrik. Setelah itu, mereka menyusuri Kota Bandung dan menyantap makan siang di Ayam Goreng Nikmat Panaitan untuk bernostalgia.

"Hari ini saya jadi supir. Mudah-mudahan sesuai dengan aplikasi, keliling ke tempat Ngarso Dalem (Sri Sultan) dulu, yang sering ke rumah (calon) istri dulu Kanjeng Ratu Hemas,” kata Kang Emil.

Baca Juga: Wagub Jabar Ajak Shalat Gaib Doakan Korban Gunung Semeru

Sri Sultan Hamengku Buwono X menjelaskan, pada zaman dulu, Gusti Kanjeng Ratu Hemas menetap di Bandung untuk mengikuti orang tuanya yang berprofesi sebagai Tentara dan tinggal di sekitar Cibeunying.

“Karena istri saya dulu kan anak tentara, tugas orang tuanya di sini dan punya perumahan di daerah Taman Cibeunying situ, tadi lewat situ sudah berubah semua, ya, mungkin sudah 50 tahun yang lalu,” kata Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Halaman:

Editor: Lukman Gusmanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

NFT, Cara Baru Sejahterakan Seniman di Bandung

Rabu, 26 Januari 2022 | 20:29 WIB

Ridwan Kamil Tanggapi Pernyataan Edy Mulyadi

Selasa, 25 Januari 2022 | 23:28 WIB

33 Kasus Omicron di Jabar, 31 Sembuh

Selasa, 25 Januari 2022 | 21:26 WIB

Bandara Husein Sastranegara Siapkan Ruang Bagi UMKM

Senin, 24 Januari 2022 | 19:48 WIB

Pemda Provinsi Jabar Perbaiki 2.400 Rutilahu di Garut

Minggu, 23 Januari 2022 | 21:18 WIB
X