• Minggu, 3 Juli 2022

Jabar Luncurkan Pancamain, Edukasi Pancasila lewat Permainan Tradisional

- Minggu, 12 Desember 2021 | 18:03 WIB
Anak-anak memainkan salah satu permainan Pancamain di SDN 06-07 Sukamentri, Desa Sukamentri, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Sabtu, 11 Desember 2021. (Biro Adpim Jabar/Pipin Sauri)
Anak-anak memainkan salah satu permainan Pancamain di SDN 06-07 Sukamentri, Desa Sukamentri, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Sabtu, 11 Desember 2021. (Biro Adpim Jabar/Pipin Sauri)

BANDUNGNEWSPHOTO – Jawa Barat (Jabar) meluncurkan Pancamain sebagai role model yang mengimplementasikan nilai-nilai pancasila melalui permainan tradisional.

Pancamain adalah lima jenis permainan tradisional Indonesia dari 2.600 keragaman tradisi. Yakni, pancagasing, papancakan, bola lima, balap jajar dan catur teuku umar.

Lima kearifan lokal ini sudah dikaji, diriset dan diformulasi oleh Zaini Alif sebagai Ketua Umum Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia.

Baca Juga: Sirkuit Sentul Bogor Akan Didesain Ulang Jadi Salah Satu Sirkuit Terbaik Dunia

Gubernur Jabar Ridwan Kamil bersama Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Rima Agristina meluncurkan Pancamain di SDN 06-07 Sukamentri, Desa Sukamentri, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Sabtu, 11 Desember 2021.

"Saya apresiasi Pak Zaini Alif selaku kreator yang mengadaptasikan permainan tradisional namanya adalah Pancamain," kata Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil.

Jabar sebagai provinsi pertama di Indonesia yang memopulerkan Pancamain ini di Kabupaten Garut.

Baca Juga: Wali Kota Bandung Oded M Danial Meninggal Dunia, Ribuan Orang Antar Kepulangan Oded di Tasikmalaya

"Di Garut kita mulai perjalanan untuk memopulerkan semangat kehidupan berpancasila dengan metode pendidikan interaktif, menyenangkan dan ringan dengan bimbingan dari BPIP dan Jabar Masagi," ujar Ridwan Kamil.

Halaman:

Editor: Lukman Gusmanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Masa Tunggu Haji Jawa Barat Capai 32 Tahun

Senin, 27 Juni 2022 | 20:38 WIB
X