• Kamis, 8 Desember 2022

Bupati Bandung Tinjau 6 Rumah Tergerus Luapan Banjir di Cileunyi Wetan Kabupaten Bandung

- Minggu, 12 Desember 2021 | 18:48 WIB
Seorang ibu duduk di tangga salah satu rumah yang tergerus luapan air di Kampung Jajaway RW 01 Desa Cileunyi Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Minggu, 12 Desember 2021. (Humas Pemkab Bandung)
Seorang ibu duduk di tangga salah satu rumah yang tergerus luapan air di Kampung Jajaway RW 01 Desa Cileunyi Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Minggu, 12 Desember 2021. (Humas Pemkab Bandung)

BANDUNGNEWSPHOTO - Bupati Bandung Dadang Supriatna meninjau lokasi terdampak bencana banjir yang mengakibatkan 6 rumah tergerus luapan air di Kampung Jajaway RW 01 Desa Cileunyi Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Minggu, 12 Desember 2021.

Menurut Kang DS, sapaan akrab Dadang Supriatna, hujan dengan intensitas tinggi beberapa hari terakhir ini membuat sungai tidak dapat menampung luapan air, sehingga mengakibatkan tanggul jebol.

"Sebanyak 6 rumah tergerus luapan air, kita lakukan asesmen terlebih dahulu untuk melihat sejauh mana kerusakannya," ucap bupati yang langsung melakukan peninjauan di tengah hujan yang masih mengguyur.

Baca Juga: Jabar Luncurkan Pancamain, Edukasi Pancasila lewat Permainan Tradisional

Menurutnya, jika dilihat dari aturan, rumah-rumah itu sudah menyalahi karena ada di perbatasan sungai dan bahu sungai. "Tapi karena sudah terjadi sesuatu, pemerintah juga tidak bisa tinggal diam. Setelah asesmen, kita akan bantu sesuai kemampuan keuangan daerah, melalui aturan perundang-undangan yang berlaku," tuturnya.

Ia pun mengatakan harus segera dilakukan normalisasi sungai agar tidak terjadi pendangkalan di sungai tersebut. Setinggi apapun tanggul walaupun dibeton, sebutnya akan jebol karena debit air yang terlalu besar.

Dalam kegiatan normalisasi tersebut, terangnya, ia pun akan berkoordinasi dengan pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) dan Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), karena wilayah tersebut dilewati pembangunan kereta cepat.

Baca Juga: Sirkuit Sentul Bogor Akan Didesain Ulang Jadi Salah Satu Sirkuit Terbaik Dunia

"Saya sudah layangkan suratnya kemarin, mudah-mudahan bisa direspon secepatnya," kata Kang DS.

Halaman:

Editor: Lukman Gusmanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X