• Selasa, 17 Mei 2022

Jabar Ekspor Buah dan Fesyen ke Dubai, Ridwan Kamil Jengkolkan Masyarakat Global

- Senin, 13 Desember 2021 | 21:35 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melepas ekspor perdana komoditas buah di lapangan Gedung Sate, Kota Bandung, Senin, 13 Desember 2021. (iro Adpim Jabar/Rizal FS)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melepas ekspor perdana komoditas buah di lapangan Gedung Sate, Kota Bandung, Senin, 13 Desember 2021. (iro Adpim Jabar/Rizal FS)

BANDUNGNEWSPHOTO – Pemda Provinsi Jawa Barat (Jabar) mendapatkan permintaan buah-buahan dan fesyen muslim dari Epicstar Group selaku buyer dari Dubai sebagai tindak lanjut event Dubai Expo.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil melepas ekspor perdana produk tersebut ke Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) dengan rincian buah manggis 600 kilogram, rambutan 300 kilogram, salak 200 kilogram, dan jengkol 50 kilogram.

Selain produk buah-buahan dilakukan juga ekspor produk fesyen muslim seperti sarung, baju muslim, peci, hingga mukena.

Baca Juga: Wali Kota Bandung Oded M Danial Meninggal Dunia, Ridwan Kamil Semangati ASN Pemkot Bandung

Permintaan ini diserahkan dan dipenuhi oleh Koperasi Pesantren Al-Ittifaq. Sedangkan untuk produk fesyen lainya yang diekspor dipenuhi oleh Koperasi Pesantren Daarut Tauhid.

Ridwan Kamil menaruh perhatian pada salah satu komoditas yang diekspor, yakni jengkol. Gubernur bilang Jawa Barat bisa menjengkolkan masyarakat global termasuk Dubai, UAE.

Apalagi jengkol menjadi salah satu komoditas unggulan Jawa Barat. Berdasarkan data BPS tahun 2019, produksi buah jengkol di Jawa Barat mencapai 16.110 ton.

Baca Juga: Bupati Bandung Tinjau 6 Rumah Tergerus Luapan Banjir di Cileunyi Wetan Kabupaten Bandung

Selain jengkol, buah manggis juga merupakan salah satu komoditas andalan ekspor dari sektor pertanian. Apalagi Jabar merupakan salah satu daerah penghasil utama buah manggis di Indonesia.

Halaman:

Editor: Lukman Gusmanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X