• Sabtu, 21 Mei 2022

Pemkab Bandung akan Bangun Etalase UMKM di Alun-alun Kabupaten

- Senin, 13 Desember 2021 | 22:24 WIB
Bupati Bandung Dadang Supriatna (kanan) berfoto bersama sejumlah menteri saat pembagian NIB oleh Kemenkop UKM di Kawasan SOR Jalak Harupat, Kutawaringin, Senin, 13 Desember 2021. (Humas Pemkab Bandung)
Bupati Bandung Dadang Supriatna (kanan) berfoto bersama sejumlah menteri saat pembagian NIB oleh Kemenkop UKM di Kawasan SOR Jalak Harupat, Kutawaringin, Senin, 13 Desember 2021. (Humas Pemkab Bandung)

BANDUNGNEWSPHOTOPemkab Bandung akan membuat etalase UMKM di Alun-alun Kabupaten Bandung sebagai upaya pemerintah untuk membangkitkan UMKM dan menciptakan lapangan pekerjaan.

Demikian dikatakan Bupati Bandung Dadang Supriatna saat pembagian Nomor Induk Berusaha (NIB) oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) di Kawasan Sarana Olahraga (SOR) Jalak Harupat, Kutawaringin, Senin, 13 Desember 2021.

Menurut Kang DS, sapaan akrab Dadang Supriatna, pembagian NIB tersebut sebagai amanat Peraturan Pemerintah (PP) No 7 Tahun 2021, juga sebagai upaya pemerintah dalam akselerasi membangkitkan ekonomi kerakyatan.

Baca Juga: Jabar Ekspor Buah dan Fesyen ke Dubai, Ridwan Kamil Jengkolkan Masyarakat Global

Tak hanya memberikan bantuan modal bagi pelaku UKM, pihaknya akan membuat show windows di site plan Alun-alun Kabupaten Bandung.

“Kedepan kami memiliki rencana membangun semacam etalase UMKM di Alun-alun nanti. Untuk pembelian lahannya sudah kami anggarkan. Jadi tidak ada lagi masyarakat Kabupaten Bandung yang membeli produk UMKM lokal di daerah lain,” terang Kang DS.

Menurutnya, adanya etalase ini akan terbentuk ekosistem sekaligus daya saing yang baik dari berbagai produk UMKM, baik di pasar domestik maupun global. Apalagi Jawa Barat, khususnya Kabupaten Bandung memiliki UMKM yang sangat banyak dan menjadi salah satu sektor yang tetap bertahan di masa pandemi.

Baca Juga: Wali Kota Bandung Oded M Danial Meninggal Dunia, Ridwan Kamil Semangati ASN Pemkot Bandung

“Nanti kami akan soundingkan dan kolaborasikan dengan program dari pemerintah pusat. Jika ini kompak, Insya Allah, tidak hanya membangkitkan pelaku UMKM, namun juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan mengentaskan kemiskinan. Dalam arti lain, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bandung akan dapat berlari cepat,” ungkap Kang DS.

Halaman:

Editor: Lukman Gusmanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bandung Deklarasikan Diri Sebagai Kota Angklung

Sabtu, 21 Mei 2022 | 20:20 WIB
X