• Minggu, 3 Juli 2022

Antisipasi Varian Omicron, Ridwan Kamil Tangani Seperti Menghadapi Varian Delta dan Perkuat Stok Oksigen

- Sabtu, 18 Desember 2021 | 18:57 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menghadiri acara Indonesia Pasti Bisa dengan tema "Terima Kasih Nakes" di Sentul International Convention Center, Kabupaten Bogor, Sabtu, 18 Desember 2021. (Biro Adpim Jabar)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menghadiri acara Indonesia Pasti Bisa dengan tema "Terima Kasih Nakes" di Sentul International Convention Center, Kabupaten Bogor, Sabtu, 18 Desember 2021. (Biro Adpim Jabar)

BANDUNGNEWSPHOTO – Untuk mengantisipasi penularan varian omicron, Gubernur Jabar Ridwan Kamil akan melakukan penanganan seperti menghadapi varian delta dan memperkuat stok oksigen.

Menurut Ridwan Kamil, kiat-kiat yang disiapkan ialah dengan menyiapkan instrumen penanganan kesehatan yang sama seperti yang dilakukan Jabar saat menangani varian delta beberapa waktu lalu.

"Dulu delta terdeteksi di Karawang, menyebar dengan cepat. Oleh karena itu kami belajar dari delta. Per hari ini Jabar sedang menyiapkan semua perlengkapan seperti menghadapi virus delta," ujarnya usai menghadiri acara Indonesia Pasti Bisa dengan tema "Terima Kasih Nakes" di Sentul International Convention Center, Bogor, Sabtu, 18 Desember 2021.

Baca Juga: Situ Rawa Kalong Depok Bakal Diresmikan April-Mei 2020, Kini Baru Capai 70 Persen

Selain itu, ia mendapatkan dukungan dari komunitas Indonesia Pasti Bisa untuk memperkuat stok tabung oksigen dan pemerintah juga menggenjot telusur, tes dan tindak lanjut (3T).

"Jadi tabung oksigen kita cek lagi alhamdulillah ada stok lebih banyak dari Indonesia Pasti Bisa kemudian testing tracing kita tingkatkan lagi. Per hari ini kita sudah tiga kali lipat dari yang standar untuk testing. Tapi apapun ada kelebihannya dari persiapan kita, yaitu waktu delta vaksinnya dikit jadi kekebalannya rendah dan yang meninggal mayoritas di Jabar adalah mereka yang tidak bervaksin," tutur gubernur.

Gubernur menjelaskan mengenai capaian vaksinasi di Jabar di tahap satu sudah menyentuh angka 70 persen. Sehingga hal tersebut dapat membentuk kekebalan komunal dalam menghadapi varian omicron.

Baca Juga: 12.769 Asatidz Terima Insentif dari Pemkab Bandung

"Kalau sekarang kan hari ini Jabar capaian vaksinnya hari ini sudah 70 persen tahap satunya, jadi sehingga jauh lebih baik," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Lukman Gusmanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Masa Tunggu Haji Jawa Barat Capai 32 Tahun

Senin, 27 Juni 2022 | 20:38 WIB
X