• Kamis, 19 Mei 2022

Jabar Buka Peluang Kerjasama dengan 33 Provinsi di Sektor Pariwisata, Perdagangan, dan Investasi

- Selasa, 21 Desember 2021 | 21:38 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat membuka Forum Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Daerah Provinsi se-Indonesia WJ-TRIP, di Hotel Trans Luxury Bandung, Selasa 21 Desember 2021. (Biro Adpim Jabar/Pipin Sauri)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat membuka Forum Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Daerah Provinsi se-Indonesia WJ-TRIP, di Hotel Trans Luxury Bandung, Selasa 21 Desember 2021. (Biro Adpim Jabar/Pipin Sauri)

BANDUNGNEWSPHOTO - Pemda Provinsi Jawa Barat (Jabar) membuka peluang kerjasama dengan 33 provinsi di Indonesia untuk memajukan ekonomi di bidang pariwisata, perdagangan dan investasi.

Menurut Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Jabar ingin berkontribusi positif di masa pemulihan ekonomi saat ini, dalam pembangunan nasional melalui kerja sama dengan 33 provinsi se-Indonesia.

Hal itu dikatakan saat membuka Forum Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Daerah Provinsi se-Indonesia "West Java Tourism, Trade and Investment Partnership (WJ-TRIP)", di Hotel Trans Luxury Bandung, Selasa 21 Desember 2021.

Baca Juga: Pemerintah Terapkan Karantina 14 Hari Jika Omicron Semakin Menyebar

"Ekonomi tidak perlu dibatasi wilayah politik di mana ada suplai dan demand di situ terjadi kesejahteraan. Maka salah satu aspek yang harus dimaksimalkan adalah perdagangan antardaerah," ujar Gubernur.

Kang Emil, sapaan akrabnya, mengatakan, salah satu yang harus dimaksimlkan dalam forum tersebut adalah database daerah. Sebab data kebutuhan daerah ini mempengaruhi keputusan yang akan diambil.

"Good data good decision, bad data bad decision, no data no decision. Jadi kita mulai dari data dulu setiap dari kita butuhnya apa," katanya.

Baca Juga: Pemerintah Pertegas Pemakaian Aplikasi PeduliLindungi bagi Pelaku Usaha dan Ruang Publik

Contoh kerja sama yang sudah terjalin yaitu dengan Provinsi Sumatera Barat, di mana Jabar sudah mulai investasi penanaman 50 hektare jagung. Jabar sendiri saat ini membutuhkan banyak daging sapi dan telur untuk memenuhi kebutuhan hampir 50 juta warganya. Termasuk juga di sektor potensial Jabar lainnya yakni pariwisata.

Halaman:

Editor: Lukman Gusmanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Yuk Rasakan Sensasi Jembatan Gantung Rengganis!

Selasa, 17 Mei 2022 | 10:53 WIB
X