• Sabtu, 21 Mei 2022

Menjelang Libur Nataru, Jabar Siapkan Aplikasi Simanis: Sistem Informasi Jalan dan Wisata

- Kamis, 23 Desember 2021 | 20:30 WIB
Screen Shoot Aplikasi Simanis (Lukman Gusmanto)
Screen Shoot Aplikasi Simanis (Lukman Gusmanto)

BANDUNGNEWSPHOTO - Menghadapi momen Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (nataru), Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Barat (Jabar) sedang menyiapkan aplikasi Simanis (Sistem Informasi Jalan dan Wisata) bagi pelaku perjalanan darat.

Aplikasi Simanis memuat informasi-informasi, mulai dari lokasi wisata, kapasitas pengunjung lokasi wisata terkini, situasi lalu lintas, sampai kebijakan terkait.

"Aplikasi ini hasil kolaborasi Dishub Jabar, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar, Kementerian Perhubungan, dan pengelola jalan tol. Ini menjadi panduan untuk warga pelaku perjalanan darat saat Nataru," kata Kepala Dishub Jabar Koswara di Kota Bandung, Kamis, 23 Desember 2021.

Baca Juga: Mejelang Libur Nataru, Jabar akan Tutup Seluruh Alun-alun dan Perketat Pusat Wisata

Menurut Koswara, informasi dan data dalam Simanis rutin diperbarui dari berbagai sumber, seperti pengelola wisata, Disparbud, dan Jasa Marga. Selain itu, aplikasi Simanis akan memuat data jumlah kendaraan yang melintas di ruas tol yang mengarah ke sejumlah daerah tujuan wisata di Jabar.

"Ada sekitar 8 exit tol yang mengarah ke wilayah Jabar. Dengan begitu, ini bisa membantu masyarakat mengambil keputusan dalam perjalanan," katanya.

Aplikasi Simanis sendiri sudah diujicoba pada Rabu, 22 Desember 2021. Ujicoba dilakukan untuk melihat sejauh mana aplikasi tersebut berfungsi secara optimal. "Dan dilengkapi dengan data terkini tentang kondisi lokasi wisata, kondisi jalan, kenyamanan, serta keamanan perjalanan menuju lokasi wisata," ucap Koswara.

Baca Juga: Menjelang Libur Nataru, Pemkab Bandung Siapkan 1.207 Personel Operasi Lilin Lodaya Tahun 2021

Koswara menyatakan, Dishub Jabar berharap masyarakat tidak bepergian ke luar kota apabila tidak ada kepentingan mendesak. Pasalnya, potensi penularan Covid-19 masih ada.

Halaman:

Editor: Lukman Gusmanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bandung Deklarasikan Diri Sebagai Kota Angklung

Sabtu, 21 Mei 2022 | 20:20 WIB
X