• Minggu, 3 Juli 2022

Mobiltas Warga Garut Dipantau CCTV di 13 Titik, Begini Tujuannya

- Jumat, 24 Desember 2021 | 20:44 WIB
Untuk memantau mobilitas warganya, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Garut memasang Closed Circuit Television (CCTV) di 13 titik (garutkab.go.id)
Untuk memantau mobilitas warganya, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Garut memasang Closed Circuit Television (CCTV) di 13 titik (garutkab.go.id)

BANDUNGNEWSPHOTO - Untuk memantau mobilitas warganya, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Garut memasang Closed Circuit Television (CCTV) di 13 titik.

Hal itu disampaikan Kepala Diskominfo Kabupaten Garut, Muksin. Dikatakannya, CCTV tak hanya di wilayah perkotaan, tapi juga beberapa wilayah pelosok seperti Garut Selatan dan Garut Utara.

“Yang terpasang sekarang baru 13 detik, titiknya mulai dari tempat wisata (seperti di) Sayangheulang, kemudian di Pameungpeuk, kemudian di Wanaraja, beberapa di Garut Kota, kemudian di Garut Utara juga seperti di Kadungora,” kata Muksin seperti dikutip BandungNewsphoto dari laman resmi Pemkab Garut, Jumat, 24 Desember 2021.

Baca Juga: Ini Daftar Aset Grup Texmaco yang Disita Satgas BLBI

Dikatakannya, pemasangan CCTV telah terintegrasi dan terkoordinasi dengan pihak lain. Salah satunya, CCTV ini bisa digunakan untuk kepentingan keamanan dan ketertiban oleh Polres Garut.

Selain itu, rekaman CCTV ini juga bisa diakses oleh masyarakat melalui aplikasi MCity (platform city directory berbasis mobile) yang merupakan aplikasi Smart City.

“Ya ke depannya ya diharapkan mungkin nanti jadi semacam Video analytics, dia bisakan (menjadi Video Analytics), jadi nanti bisa (untuk) keperluan menganalisa pergerakan orang, pergerakan kendaraan, kemudian juga untuk memantau kondisi situasi banjir dan sebagainya,” lanjutnya.

Baca Juga: Belum Pernah Coba Seblak, Ini Makanan Favorit Striker Baru Persib David da Silva

Ia berharap, ke depannya jumlah pemasangan CCTV ini bisa bertambah di beberapa lokasi lainnya di Kabupaten Garut. Pihaknya juga akan berkolaborasi dengan pihak lain atau perusahaan-perusahaan dalam pemasangan CCTV tersebut.

“Jadi kita nanti kalau ke depannya kan kita bisa berkolaborasi juga dengan (yang lain), kan sekarang ini banyak juga seperti perusahaan-perusahaan yang memasang CCTV, kemudian ada perorangan dan sebagainya, kalau misalnya diperbolehkan ya terutama untuk fasilitas-fasilitas yang mengarah ke tempat-tempat umum ini bisa berbagi pakai seperti itu,” tandasnya.***

Halaman:

Editor: Bobby Satria

Sumber: garutkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Masa Tunggu Haji Jawa Barat Capai 32 Tahun

Senin, 27 Juni 2022 | 20:38 WIB
X