• Selasa, 17 Mei 2022

38 Desa di Kabupaten Bandung Dapat Bantuan Mobil Aspirasi Kampung Juara (Maskara)

- Selasa, 28 Desember 2021 | 22:37 WIB
Tampilan Mobil Aspirasi Kampung Juara (Maskara) di Kabupaten Bandung, Selasa, 28 Desember 2021. (Humas Pemkab Bandung)
Tampilan Mobil Aspirasi Kampung Juara (Maskara) di Kabupaten Bandung, Selasa, 28 Desember 2021. (Humas Pemkab Bandung)

BANDUNGNEWSPHOTO - Sebanyak 38 desa dari total 86 desa mandiri di Kabupaten Bandung mendapat bantuan Mobil Aspirasi Kampung Juara (Maskara) sebagai bentuk apresiasi Pemprov Jabar terhadap desa yang telah meningkat statusnya menjadi strata desa mandiri pada Indeks Desa Membangun (IDM).

Sejak tahun 2019 hingga sekarang, Pemkab Bandung sudah menerima sebanyak 38 unit mobil maskara dari Pemprov Jabar melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD). Pemberian pertama diberikan pada tahun 2019 sebanyak 14 unit, 15 unit pada 2020 dan 9 unit di tahun 2021.

Kabupaten Bandung merupakan daerah dengan strata desa mandiri terbanyak yakni mencapai 86 desa. Sementara yang mendapat bantuan baru 38 desa, tinggal sisa 48 desa yang belum menerima maskara,” jelas Bandung Dadang Supriatna, Selasa, 28 Desember 2021.

Baca Juga: Pemkot Bandung Hattrick WTP dapat Piagam Menteri Keuangan

Melalui bantuan itu, dirinya meminta seluruh kepala desa agar dapat memanfaatkan maskara secara maksimal.

“Mobil ini sangat multifungsi. Pemerintah desa dapat menggunakannya sebagai panggung, angkutan pertanian dan logistik, mengantar orang sakit atau jenazah, sarana operasional vaksinasi serta media penyampaian program pemerintah kepada masyarakat,” ucapnya.

Adapun sembilan desa yang mendapat bantuan antara lain, Desa Banjaran Kecamatan Banjaran, Desa Bojongsari dan Cipagalo Kecamatan Bojongsoang, Desa Cileunyi Kulon Kecamatan Cileunyi, Desa Cikalong Kecamatan Cimaung, Desa Cimenyan Kecamatan Cimenyan, Desa Wangisagara Kecamatan Majalaya, Desa Pangalengan Kecamatan Pangalengan dan Desa Panundaan Kecamatan Ciwidey.

Baca Juga: Bantaran Sungai Cidurian Antapani Bandung Telah Disulap Jadi Ruang Publik

Bupati yang akrab disapa Kang DS itu menargetkan, tahun 2022 jumlah strata desa mandiri di Kabupaten Bandung akan meningkat.

Halaman:

Editor: Lukman Gusmanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Yuk Rasakan Sensasi Jembatan Gantung Rengganis!

Selasa, 17 Mei 2022 | 10:53 WIB
X