• Selasa, 17 Mei 2022

Strategi Penanggulangan Pandemi Covid-19 di Jabar, Setiawan: Memerlukan Sinergi Semua Pihak

- Kamis, 6 Januari 2022 | 22:50 WIB
Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja saat acara Monitoring dan Evaluasi Program 'Sigap Lawan Corona' MCCC PP Muhammadiyah di Auditorium KH. Ahmad Dahlan, Kota Bandung, Kamis, 6 Januari 2022. (Biro Adpim Jabar)
Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja saat acara Monitoring dan Evaluasi Program 'Sigap Lawan Corona' MCCC PP Muhammadiyah di Auditorium KH. Ahmad Dahlan, Kota Bandung, Kamis, 6 Januari 2022. (Biro Adpim Jabar)

BANDUNGNEWSPHOTO - Strategi penanggulangan pandemi Covid-19 di Jabar yang dikedepankan adalah proaktif, transparan, ilmiah, inovatif, dan kolaboratif.

Demikian diungkapkan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja saat monitoring dan Evaluasi Program 'Sigap Lawan Corona' MCCC PP Muhammadiyah, sekaligus peresmian Kampus Sehat Covid-19 Universitas Muhammadiyah Bandung, di Auditorium KH. Ahmad Dahlan, Kota Bandung, Kamis, 6 Januari 2022.

Menurutnya strategi penanganan pandemi di Jabar memerlukan sinergi semua pihak. Misalnya penerapan protokol kesehatan (prokes) 3M mulai dari mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, tentu perlu kesadaran masyarakat untuk melaksanakannya.

Baca Juga: Tim Seleksi Serahkan 14 Nama Calon Anggota KPU dan 10 Bawaslu Kepada Presiden Jokowi

Kemudian optimalisasi 3T (tes - telusur - tindak lanjut) merupakan fungsi yang wajib dilaksanakan pemerintah. Contoh selanjutnya yakni vaksinasi, perlu kekompakan baik pemerintah dan masyarakatnya juga sehingga pengendalian pandemi bisa berjalan secara efektif.

Sekda menekankan prokes 3M masih harus dilakukan masyarakat meskipun sudah ada kabupaten dan kota yang cakupan vaksinasinya 100 persen.

"(Prokes) Kesadaran masyarakat sebagai domainnya. Sejalan itu kita harus melakukan 3T domainnya pemerintah. Vaksinasi, domainnya pemerintah dan masyarakat. Pemerintah menyiapkan vaksin, masyarakat mau divaksin," ujar Setiawan.

Baca Juga: KPK Tetapkan 9 Tersangka Setelah OTT Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, Simak Kronologi Penangkapannya

Sekda Jabar pun lanjut mengapresiasi Universitas Muhammadiyah Bandung (UMB) yang berperan aktif dalam penanganan pandemi. Apalagi UMB kini berupaya mewujudkan Kampus Sehat.

Halaman:

Editor: Lukman Gusmanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Yuk Rasakan Sensasi Jembatan Gantung Rengganis!

Selasa, 17 Mei 2022 | 10:53 WIB
X