• Kamis, 26 Mei 2022

Jabar Jatim Sepakat Swasembada Pangan dan Hilirisasi Industri Baterai Mobil Listrik

- Kamis, 20 Januari 2022 | 20:24 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menandatangani kerja sama G to G dengan Pemda Jawa Timur di Gedung Grahadi Surabaya, Kamis, 20 Januari 2022. (Biro Adpim Jabar)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menandatangani kerja sama G to G dengan Pemda Jawa Timur di Gedung Grahadi Surabaya, Kamis, 20 Januari 2022. (Biro Adpim Jabar)

BANDUNGNEWSPHOTO – Pemda Provinsi Jawa Barat melakukan kerjasama dengan Pemda Provinsi Jawa Timur untuk peningkatan swasembada pangan dan hilirisasi industri baterai mobil listrik.

Penandatanganan kesepakatan bersama dilakukan langsung oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Gedung Grahadi Surabaya, Kamis, 20 Januari 2022.

Menurut Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, kerja sama G to G (government to government) antar-pemerintah provinsi selama ini jarang terjadi di Indonesia. Biasanya kerja sama diserahkan kepada pihak swasta.

Baca Juga: Wisata Religi Miliki Potensi Ekonomi Tinggi, Jabar Matangkan Wisata Religi Terkonsep

"Selama ini dalam pembangunan Indonesia seringkali lebih ke B to B, sekarang kami tingkatkan di level G to G. Karena itu hari ini kita menandatangani dengan berbagai program kongkrit," tuturnya.

Adapun lingkup kerja sama dalam swasembada pangan yaitu inseminasi sapi. Diketahui Jatim tepatnya di Singosari memiliki pusat inseminasi buatan sapi. Inseminasi buatan atau kawin suntik pada sapi merupakan teknik pembuahan dengan cara memasukkan sperma yang telah diproses ke dalam saluran alat kelamin betina.

Kang Emil mengatakan, Jabar tak sungkan untuk belajar ke Jatim demi terwujudnya swasembada pangan khususnya sapi. Hal ini juga untuk menekan ketergantungan impor sapi.

Baca Juga: Saat Jadi Narasumber Inspiring Woman, Atalia Minta Perempuan untuk Melek Digital

"Jabar masih impor sapi sehingga kami ingin belajar dari Jatim yang kebetulan balai besar inseminasi buatannya ada di Singosari yang bisa jadi tempat kami belajar," katanya.

Halaman:

Editor: Lukman Gusmanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Hewan Ternak di Bandung Positif PMK

Selasa, 24 Mei 2022 | 21:26 WIB

Bandung Deklarasikan Diri Sebagai Kota Angklung

Sabtu, 21 Mei 2022 | 20:20 WIB
X