• Kamis, 26 Mei 2022

Tidak Usah Keluar Rumah! Ini Cara Mudah Warga Cimahi Urus KTP Elektronik dan KK Lewat HP, Gampang Anti Ribet!

- Sabtu, 22 Januari 2022 | 18:10 WIB
Ilustrasi Kartu Tanda Penduduk, kabar gembira bagi warga Cimahi, bisa mengurus KK dan KTP tanpa harus keluar rumah (Pixabay)
Ilustrasi Kartu Tanda Penduduk, kabar gembira bagi warga Cimahi, bisa mengurus KK dan KTP tanpa harus keluar rumah (Pixabay)

BANDUNGNEWSPHOTO - Kabar gembira bagi warga Cimahi yang ingin mengurus KTP elektronik juga Kartu Keluarga atau KK, simak penjelasannya disini.

Tidak usah keluar rumah dan hanya memproses lewat handphone, warga Cimahi akan dimanjakan jika mau mengurus KTP Elektronik dan KK dengan layanan ini, bagaimana caranya?

Untuk mengurus KTP elektronik juga Kartu Keluarga atau KK, warga Cimahi bisa menggunakan aplikasi Sipade atau Sistem Informasi Adminduk Data Elektronik dan Sibenar alias Sistem Informasi Perubahan Elemen Data dari Rumah.

Baca Juga: Olah TKP Pakai TAA, Polisi Cari Tahu Penyebab Kecelakaan Maut Balikpapan

Aplikasi Sipade bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mengurus akta kelahiran, akta kematian, Kartu Identitas Anak (KIA) dan perpindahan penduduk. Sementara Sibenar bisa digunakan untuk menginput biodata, perubahan elemen data, cetak KTP Elektronik dan cetak KK.

Seperti dikutip bandungnewsphoto.com dari mapaybandung.com yang berjudul Gampang Banget! Urus KTP Elektronik Hingga KK di Kota Cimahi Cukup Lewat HP, Begini Caranya, Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Cimahi, Ngatiyana menjelaskan, dengan aplikasi Sipade dan Sibenar masyarakat Kota Cimahi tak perlu menghabiskan waktu datang ke kantor Disdukcapil untuk mengurus administrasi kependudukan seperti KK

"Masyarakat tidak perlu keluar rumah untuk melakukan perubahan KK, pindah datang dalam Kota Cimahi, dan layanan akta kelahiran. Masyarakat akan mendapatkan hasil layanan dalam bentuk file Pdf yang dikirim melalui email, dan dicetak menggunakan kertas HVS," jelas Ngatiyana belum lama ini.

Baca Juga: Selesai Jalani Operasi Amandel, Dude Harlino Curhat Bersyukur Bisa Makan Es Krim Lagi

Dikatakannya, pemanfaatan teknologi menggunakan gadget dan internet pada setiap proses penyelenggaraan pemerintah, merupakan kebutuhan yang mendesak, apalagi dalam era otonomi daerah, yaitu dalam rangka melayani masyrakat secara cepat untuk memenuhi kebutuhan administrasi kependudukan.

Halaman:

Editor: Ega Gantina

Sumber: mapaybandung.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Hewan Ternak di Bandung Positif PMK

Selasa, 24 Mei 2022 | 21:26 WIB

Bandung Deklarasikan Diri Sebagai Kota Angklung

Sabtu, 21 Mei 2022 | 20:20 WIB
X