• Kamis, 30 Juni 2022

Kenangan Si Kuik dan Si Gombar Terbayang Setelah KA Cibatuan dan KA Cikuray Beroperasi

- Kamis, 31 Maret 2022 | 20:39 WIB
Pengoperasian jalur Cibatu-Garut dimulai pekan depan. (garutkab.go.id)
Pengoperasian jalur Cibatu-Garut dimulai pekan depan. (garutkab.go.id)

BANDUNGNEWSPHOTO - Sejak 25 Maret 2022 lalu, warga Garut kembali akrab dengan suara khas lokomotif kereta api. Sebab, KA Cibatuan rute Garut-Purwakarta dan KA Cikuray untuk rute Garut Pasas Senen mulai beroperasi setelah reaktivasi jalur kereta api Cibatu-Garut.

Bagi sebagian orang, terutama generasi jadul, suara lokomotif kereta api itu menyisakan nostalgia tersendiri. Maklum, suara kereta apai sudah lama menghilang, tepatnya sejak 1983, ketika pemerintah secara resmi menutup jalur kereta api tersebut.

Setelah hampir 40 tahun itu, kini kereta api sebagai transportasi massal hadir kembali di perkotaan Garut. Pemerintah pusat melalui PT KAI telah meresmikan reaktivasi jalur rel Stasiun Garut-Cibatu sepanjang 19 km, dan Stasiun Garut, begitu juga kereta api komersial KA Cikuray, dan KA Cibatuan diresmikan pada 24 Maret 2022.

Baca Juga: Ayato Haver, Simak Build Terbaik Kamisato Ayato Genshin Impact

Jalur kereta api Garut-Cibatu itu nyaris terlupakan oleh masyarakat generasi muda saat ini, terlebih sejak dihentikan operasional sejumlah aset PT KAI sepanjang rel mulai beralih fungsi seprti dijadikan pasar tradisional, pemukiman rumah penduduk, bahkan bangunan Stasiun Garut sempat menjadi kantor organisasi masyarakat.

Namun sekarang, pemerintah pusat dan PT KAI menyulapnya menjadi lebih baik jalur rel kereta api Stasiun Garut-Cibatu itu hingga akhirnya bisa melayani masyarakat.

Memang upaya pemerintah mereaktivasi jalur kereta api di wilayah Garut itu sudah menjadi rencana dan bertahun-tahun mempersiapkannya hingga akhirnya bisa terealisasi juga.

Baca Juga: 5 Berita Terpopuler 30 Maret 2022, Dari Cara Mudah Build Ayato Hingga 2.085 Calon Mahasiswa Diterima di ITB

Kini, Kabupaten Garut semakin istimewa setelah dioperasikan kembali transportasi massal dengan relasi perjalanan KA Cikuray menembus jantung kota Jakarta yaitu Stasiun Pasar Senen.

Selain KA Cikuray, relasi KA Cibatuan juga memberikan pelayanan menuju ibu kota Jawa Barat yaitu Kota Bandung menuju Stasiun Kiaracondong dan Stasiun Bandung, juga kota lainnya seperti Cimahi dan Purwakarta.

Halaman:

Editor: Bobby Satria

Sumber: Antaranews.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Masa Tunggu Haji Jawa Barat Capai 32 Tahun

Senin, 27 Juni 2022 | 20:38 WIB
X