• Selasa, 29 November 2022

Jawa Barat Belum Dapat Laporan Kasus Hepatitis Akut Misterius

- Rabu, 4 Mei 2022 | 18:33 WIB
Ilustrasi pemeriksaan darah (pixabay.com)
Ilustrasi pemeriksaan darah (pixabay.com)

BANDUNGNEWSPHOTO - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI sudah meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap kasus hepatitis akut misterius yang menyerang anak di sejumlah negara.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Barat (Jabar), R. Nina Susana Dewi menyatakan belum mendapatkan laporan adanya kasus hepatitis akut misterius tersebut.

"Sampai saat ini belum ada kasus yang terlaporkan di Jabar," kata Nina dalam keterangan dari Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat, Rabu, 4 Mei 2022.

Baca Juga: Ini Jadwal One Way Arus Balik Lebaran dari GT Kalikangkung Hingga Tol Jakarta-Cikampek

Sebagai bentuk kewaspadaan, Kemenkes sudah mengeluarkan surat edaran terkait penemuan kasus hepatitis akut yang tidak diketahui etiologinya (Acute Hepatitis of Unknown Aetiology).

SE bernomor HK.02.02/C/2521/2022 dimaksudkan untuk meningkatkan dukungan pemerintah daerah, fasilitas pelayanan kesehatan, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), sumber daya manusia (SDM) kesehatan, dan para pemangku kepentingan terkait kewaspadaan dini penemuan kasus hepatitis tersebut.

Nina mengatakan, sesuai dengan SE dari Kemenkes terkait kewaspadaan kasus hepatitis akut tersebut, Dinas Kesehatan Jabar sudah menyampaikan SE tersebut ke dinas kesehatan tingkat kabupaten/kota dan juga ke rumah sakit se-Jabar.

Baca Juga: Puncak Arus Balik, Jasa Marga Imbau Pemudik Hindari Perjalanan ke Jabotabek 6-8 Mei 2022

Selain itu, pihaknya juga meminta supaya dilakukan pemantauan dan koordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) setempat untuk mencegah penyebaran penyakit di wilayah Jabar.

"Jadi agar dilakukan pemantauan dan koordinasi termasuk dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan," katanya.***

Editor: Bobby Satria

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X