Jelang Idul Adha 2020, Pemkot Bandung Ajukan Vaksinasi Hewan Kurban Antisipasi Penularan Penyakit Hewan

- Selasa, 17 Mei 2022 | 20:19 WIB
Petugas memeriksa penyakit mulut pada hewan kurban (Humas Pemkot Bandung)
Petugas memeriksa penyakit mulut pada hewan kurban (Humas Pemkot Bandung)

BANDUNGNEWSPHOTO - Menjelang Idul Adha 2022, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mengajukan vaksin hewan kepada pemerintah pusat untuk mengantisipasi penularan penyakit pada hewan potong kurban.

Upaya vaksinasi hewan tersebut dilakukan Pemkot Bandung meski di Kota Bandung belum ditemukan kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan berkuku belah itu.

Demikian dikatakan Wali Kota Bandung, Yana Mulyana saat ditemui di Balai Kota Bandung pada Selasa, 17 Mei 2022.

Baca Juga: Pemerintah Luncurkan Program MigorRakyat Rp14.000 akan Diterapkan di 10 Ribu Titik di Indonesia

"Sebentar lagi kan Idul Adha ya. Kita lagi berupaya untuk mengajukan vaksin hewan ke pemerintah pusat. Terlebih, kita tidak punya peternakan sendiri. Jadi, memang agak sulit untuk menutup jalur pengiriman dari luar kota," katanya.

Untuk kebutuhan jumlah vaksinasi hewan berkuku belah, terutama yang akan dijadikan sebagai kurban, Yana menambahkan, kebutuhan vaksin hewan di Kota Bandung tergolong tinggi.

"Sapi saja dipotong 75 ekor per hari di rumah potong hewan. Kambing dan domba juga perlu kita vaksin. Ya, termasuk banyak jumlah yang dibutuhkan untuk vaksin hewan ini," ujarnya.

Baca Juga: Pandemi Covid-19 Terkendali, Masyarakat Diperbolehkan Lepas Masker

Yana berharap, melalui vaksinasi hewan bisa mengantisipasi penularan penyakit pada hewan potong kurban, meskipun secara teori tidak menular ke manusia.

Halaman:

Editor: Lukman Gusmanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X