• Sabtu, 3 Desember 2022

Disebut Layanan Lamban Sebabkan Kematian Pasien, Begini Klarifikasi RSHS

- Jumat, 20 Mei 2022 | 18:51 WIB
Klarifikasi Rumah Sakit Hasan sadikin Bandung (twitter.com/@rshsbandung)
Klarifikasi Rumah Sakit Hasan sadikin Bandung (twitter.com/@rshsbandung)

BANDUNGNEWSPHOTO - Pihak Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung angkat bicara soal keluhan lambannya pelayanan yang mengakibatkan seorang pasien meninggal dunia. Video keluhan warga tersebut viral di media sosial.

Pelaksana Harian (Plh) Direktur Utama RSHS Bandung, Yana Akhmad memastikan, petugas kesehatan yang menangani pasien telah bekerja sesuai prosedur. Meski begitu, ia pun menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya pasien.

"Jadi telah sesuai prosedur pelayanannya, mulai dari IGD, pelayanan di ruang inapnya, hingga pasien meninggal dunia," kata Yana dalam konferensi pers secara virtual, Jumat, 20 Mei 2022.

Baca Juga: Kasus Suap Ade Yasin, KPK Periksa Kepala BPK Jabar

Menurutnya. RSHS pun telah mencermati video viral yang beredar tersebut. Adapun pada video tersebut memperlihatkan seorang perempuan yang terbaring di sebuah kasur rumah sakit.

Belakangan diketahui jika perekam video tersebut yakni bernama Arif Susanto (36) yang merupakan warga dari kawasan Cicadas, Kota Bandung. Dia merupakan suami dari almarhumah Asih Sekarning (34) yang merupakan pasien dalam video tersebut.

Dalam video tersebut ada percakapan terkait habisnya tabung oksigen ketika pasien dalam kondisi kritis. Adapun video tersebut diduga direkam pada Selasa, 17 Mei 2022.

Baca Juga: Bisa Jadi Materi TKD dan Core Values BUMN, Erick Thohir Paparkan Soal AKHLAK Saat Pembekalan Peserta

Namun Yana menyatakan tabung oksigen yang digunakan pasien itu belum habis setelah mencermati video yang beredar tersebut karena ada sejumlah indikator yang menunjukkan jika tabung oksigen itu masih berfungsi.

"Kalau lihat maskernya masih mengembung, artinya itu masih terisi oksigen, dan kalau dilihat dari tabungnya itu, tabungnya tidak kosong," katanya.

Halaman:

Editor: Bobby Satria

Sumber: Antaranews.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X