Pemkot Bandung Pastikan Belum Menemukan Kasus Positif Penyakit Mulut dan Kuku pada Hewan Ternak

- Jumat, 20 Mei 2022 | 19:57 WIB
Petugas memeriksa Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak  di  Jalan Permata Taman Sari Arcamanik Kota Bandung, Jumat, 20 Mei 2022.  (Humas Pemkot Bandung)
Petugas memeriksa Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak di Jalan Permata Taman Sari Arcamanik Kota Bandung, Jumat, 20 Mei 2022. (Humas Pemkot Bandung)

BANDUNGNEWSPHOTO - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung hingga saat ini memastikan belum menemukan kasus positif Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak di Kota Bandung.

Kepastian tersebut didapat setelah Pemkot Bandung dan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung meninjau sejumlah peternakan hewan berkuku belah tersebut.

Salah satunya peninjauan di Jalan Permata Taman Sari XII No. 13 Arcamanik Kota Bandung, pada Jumat, 20 Mei 2022.

Baca Juga: Target Vaksinasi Kota Bandung Terlampaui, Jika Sudah 100 Persen, akan Menjadi Endemi

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan melalui hasil pemantauan, dapat dipastikan sampai saat ini belum ada konfirmasi kasus positif PMK pada hewan ternak di Kota Bandung.

Namun, Ema menegaskan, jika Pemkot Bandung akan terus melakukan pencegahan penyebaran PMK tersebut hingga menjelang Idul Adha 2020.

"Di Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung, dan Subang itu sudah ditemukan kasusnya. Ibaratnya kita ini jadi terkepung dengan daerah-daerah yang terkonfirmasi aktif PMK. Maka, saat ini kami dan DKPP melakukan pengecekan intensif," ungkap Ema.

Baca Juga: Harga Minyak Goreng Belum Stabil, Ekspor Minyak Goreng Dipastikan akan Dibuka Kembali 23 Mei 2022

Di Kota Bandung tercatat 50 peternak sapi dan 150 peternak domba. Dari 50 peternakan ini, terdapat 980 stok sapi di Kota Bandung. Sedangkan stok domba mencapai 1.118 ekor.

Halaman:

Editor: Lukman Gusmanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X