• Selasa, 4 Oktober 2022

Jelang Idul Adha, Semua Daerah Harus Tingkatkan Kewaspadaan Lalu Lintas Ternak Hindari Penyakit Mulut dan Kuku

- Rabu, 8 Juni 2022 | 21:25 WIB
Seorang pekerja memberi makan sapi di Desa Pasir Jambu, Kabupaten Bandung, Rabu, 8 Juni 2022. (Biro Adpim Jabar/Rizal)
Seorang pekerja memberi makan sapi di Desa Pasir Jambu, Kabupaten Bandung, Rabu, 8 Juni 2022. (Biro Adpim Jabar/Rizal)

BANDUNGNEWSPHOTO - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengimbau pemda kabupaten dan kota untuk meningkatkan kewaspadaan pengawasan lalu lintas ternak lebih ketat, untuk menghindari penyakit mulut dan kuku (PMK) ternak menjelang Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah.

Menurut Ridwan Kamil, pengawasan lalu lintas ternak yang masuk ke Jabar harus diperhatikan karena dari 100 persen wilayah Jawa Barat sumber pakannya bukan dari Jabar.

"Tugas Pemda Provinsi Jawa Barat membentengi di perbatasan dengan melakukan pengecekan lalu lintas ternak, juga selalu berkoordinasi dengan pejabat otoritas veteriner," katanya saat menghadiri Rapat Koordinasi Persiapan Menghadapi Iduladha 1443 Hijriah, di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat, Kota Bandung, Rabu, 8 Juni 2022.

Baca Juga: Jalan Tanjakan Pari Ciamis Segera Diperlebar Pasca Kecelakaan Bus

Adapun untuk lalu lintas ternak itu harus memenuhi persyaratan pemasukan dan pengeluaran ternak seperti menunjukkan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH), juga rekomendasi pengeluaran atau pemasukan saat melalulintaskan hewan atau produk hewan antar provinsi, maupun kabupaten/kota.

"Kondisi menjelang Iduladha yang perlu menjadi perhatian, yakni untuk kategori hewan kurban wilayah Jawa Barat 100 persen sumber pakannya bukan dari Jawa Barat," kata Ridwan Kamil.

"Maka itu tugas Pemda Provinsi Jabar membentengi di perbatasan dengan pengecekan lalu lintas ternak yang melintasi Jawa Barat dengan melakukan pemeriksaan. Jadi Pemdaprov Jabar menahan potensi penyerbaran melalui perbatasan," imbuhnya.

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin Sampaikan Belasungkawa, Semoga Eril Diterima di sisi Allah dan Keluarga Diberi Kesabaran

Lebih lanjut Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, menuturkan hanya empat persen dari 100 persen wilayah dan warga Jabar yang terdampak oleh PMK ternak, artinya Provinsi Jabar relatif aman terkendali.

Halaman:

Editor: Lukman Gusmanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wagub Jabar Naik Vespa Antik Pakai Batik

Minggu, 2 Oktober 2022 | 21:22 WIB

Ridwan Kamil Bantu Warga Depok Penderita Gagal Ginjal

Rabu, 28 September 2022 | 20:09 WIB

Berantas Rentenir dengan Program Kredit MESRA

Sabtu, 24 September 2022 | 21:48 WIB
X