• Minggu, 26 Juni 2022

Tak Keterima via SBMPTN, Masih Ada Kesempatan Kuliah di ITB Lewat Jalur Seleksi Mandiri, Cek di Sini Infonya!

- Jumat, 24 Juni 2022 | 13:21 WIB
Kampus ITB (itb.ac.id)
Kampus ITB (itb.ac.id)

BANDUNGNEWSPHOTO - Bagi calon mahasiswa yang tak diterima di Institut Teknologi Bandung melalui jalur Seleaksi Bersama Masuk Perguruan Negeri (SBMPTN) 2022, tak perlu putus asa dulu. Sebab, ITB membuka kesempatan bergabung melalui seleksi jalur mandiri.

Dikutip dari laman resmi ITB, SM ITB (Seleksi Mandiri ITB) merupakan penerimaan calon mahasiswa sarjana yang dikelola sepenuhnya oleh pihak ITB. Mekanisme penerimaannya menggunakan niali UTBK dan rapor SMA siswa.

SM ITB dirancang dengan pembiayaan lebih mandiri oleh mahasiswa sendiri. Mahasiswa tetap mempunyai kesempatan beasiswa UKT ITB walaupun dengan jumlah yang lebih terbatas dan selektif dibanding jalur penerimaan lainnya.

Baca Juga: Lee Ha Na dan Im Joo Hwan Bintangi Drama Akhir Pekan KBS Berjudul 'Three Siblings Bravely'

Calon mahasiswa yang memiliki kartu KIP-K juga mendapat kesempatan untuk diberikan pembebasan biaya pendaftaran dan UKT dan memilih fakultas, sekolah atau program studi yang disediakan di SM ITB.

Beberapa program studi di ITB diberi tunjangan dalam bentuk beasiswa UKT jika peserta mendaftar melalui SM ITB. Program studi tersebut termasuk dalam upaya ITB untuk memberi dukungan khusus kepada beberapa bidang ilmu yang penting bagi pondasi dasar ilmu-ilmu lainnya, pengembangan industri dasar, dan pembuatan arah kebijakan pembangunan Indonesia.

Program ini dikenal sebagai SM ITB Program Studi Strategis Nasional dan berbeda dengan jalur SM ITB biasa, di mana beasiswa UKT diberikan kepada mahasiswa yang lolos menerimanya.

Baca Juga: Perusahaan Garuda Indonesia Group Butuh Customer Service Lulusan D3

Program studi yang termasuk dalam jalur ini adalah sebagai berikut:

1. Fisika (FMIPA-IPA)
2. Kimia (FMIPA-IPA)
3. Meteorologi (FITB-G)
4. Oseanografi (FITB-G)
5. Rekayasa Pertanian (SITH-R)
6. Rekayasa Kehutanan (SITH-R)
7. Teknologi Pascapanen (SITH-R)

Halaman:

Editor: Bobby Satria

Sumber: itb.ac.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X