• Selasa, 16 Agustus 2022

Penyederhanaan Birokrasi di Jabar Bentuk Pemerintahan yang Dinamis

- Selasa, 28 Juni 2022 | 21:08 WIB
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja saat menghadiri rapat kerja Komisariat Wilayah (Komwil) Forum Sekda Seluruh Indonesia (Forsesdasi) Provinsi Jawa Barat di GH Universal Hotel Bandung, Selasa, 28 Juni 2022.  (Biro Adpim Jabar)
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja saat menghadiri rapat kerja Komisariat Wilayah (Komwil) Forum Sekda Seluruh Indonesia (Forsesdasi) Provinsi Jawa Barat di GH Universal Hotel Bandung, Selasa, 28 Juni 2022. (Biro Adpim Jabar)

BANDUNGEWSPHOTO - Penyederhanaan birokrasi dengan model kerja Team of Teams (ToTs) menjadi upaya membentuk pemerintahan yang dinamis atau dynamic governance yang sudah digelorakan pemerintahan di Jawa Barat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja mengatakan struktur organisasi hierarkis sudah tidak pas dengan tuntutan dan kebutuhan saat ini.

"Kalau kita menggunakan struktur organisasi yang masih hierarkis, birokrasi panjang, slow response, tidak bisa dinamis, kita akan kalah cepat," kata Setiawan, saat menghadiri rapat kerja Komisariat Wilayah (Komwil) Forum Sekda Seluruh Indonesia (Forsesdasi) Provinsi Jawa Barat di GH Universal Hotel Bandung, Selasa, 28 Juni 2022.

Baca Juga: PKK, Organisasi Paling Diandalkan Sebagai Benteng Keluarga

Menurut Setiawan, karakteristik hierarkis perlu dihilangkan dalam birokrasi. Tujuannya supaya pelayanan publik lebih efektif, dan dapat menyenangkan hati masyarakat.

"Kalau dilihat kenapa sektor IT, finansial bisa lebih cepat tumbuh? Itu karena bisa menghilangkan karakteristik tata kelola yang hierarkis tadi," ucapnya.

"Jadi inilah gunanya penyederhanaan birokrasi, poinnya di sini," katanya.

Baca Juga: Pertamina Berlakukan Uji Coba Pembatasan Pembelian BBM Pertalite dan Solar Mulai 1 Juli 2022 Lewat MyPertamina

Menurutnya, dalam birokrasi yang dinamis, pengaduan masyarakat menjadi penting. Pengaduan masyarakat sangat berarti agar kualitas pelayanan semakin meningkat.

Halaman:

Editor: Lukman Gusmanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X