Update Banjir Garut: Bantuan Kehilangan Rumah Rp 50 Juta, Bersih-bersih Rp 500 Ribu - 1 Juta!

- Minggu, 17 Juli 2022 | 10:00 WIB
Bupati Garut, Rudy Gunawan meninjau lokasi banjir bandang (garutkab.go.id)
Bupati Garut, Rudy Gunawan meninjau lokasi banjir bandang (garutkab.go.id)

BANDUNGNEWSPHOTO - Bupati Garut, Rudy Gunawan memastikan, pemerintah bakal memberikan bantuan sebesar Rp 50 juta bagi warga yang kehilangan rumahnya, baik hanyut maupun roboh akibat diterjang banjir bandang pada Jumat, 15 Juli 2022 lalu.

Menurut Bupati Garut, Rudy Gunawan, bantuan Rp 50 juta itu akan diberikan jika memang layak dan memenuhi persyaratan berdasarkan penilaian tim asesmen.

Hal itu disampaikan Bupati Garut, Rudy Gunawan usai menerima bantuan secara simbolis dari bank bjb sebesar Rp 100 juta, Sabtu, 16 Juli 2022.

Baca Juga: #PrayForGarut: Waspada, BNPB Peringatkan Warga dan Pemkab Garut Soal Potensi Banjir Susulan!

"Ini bapak ibu jangan takut, pemerintah daerah tidak akan membiarkan bapak ibu yang rumahnya hilang, misalnya 2 di Bayongbong, ada 7 di Garut Kota, terus beberapa lagi di daerah lain, nanti di asessment (dan) kita akan memberikan maksimal 50 juta rupiah bagi rumah yang hanyut dari Pemerintah Kabupaten Garut dai BTT (Belanja Tidak Terduga)," tuturnya seperti dikutip BandungNewsPhoto dari laman resmi Pemkab Garut.

Selain bagi warga yang kehilangan rumah, Bupati Garut juga mengaku sudah menyiapkan bantuan sebesar Rp 500 ribu per rumah. Bantuan diberikan kepada warga yang membersihkan rumahnya setelah terdampak banjir bandang.

Bupati Garut mengatakan, bantuan yang digunakan untuk kepentingan dan membantu masyarakat yang terdampak bencana tersebut diperkirakan besarnya mencapai Rp 2 miliar.

Baca Juga: Rekrutmen Bersama BUMN 2022, Min Sudah Minggu Ketiga Nih?

"Ini akan digunakan untuk kepentingan-kepentingan nanti bagaimana bisa membantu (masyarakat), karena kami mempunyai komitmen pemerintah daerah, mereka yang membersihkan (rumah), (akan diberikan) cash for work ada 500 ribu sampai 1 juta, itu diperkirakan sekitar 2 miliar," katanya.

Sebelumnya diinformasikan banjir merendam 20 desa yang tersebar pada 8 kecamatan di Kabupaten Garut, pada Jumat, 15 Juli 2022. BPBD Kabupaten Garut melaporkan banjir dipicu oleh hujan lebat yang terjadi sejak Jumat malam, 15 Juli 2022 pukul 20.00 WIB.

Halaman:

Editor: Bobby Satria

Sumber: garutkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X