• Selasa, 16 Agustus 2022

Mal BIP dan IP Gaet Diskar PB Kota Bandung, Gelar Latihan Penanganan Bencana serta Bahaya Kebakaran

- Sabtu, 23 Juli 2022 | 00:41 WIB
Mal BIP dan IP gaet Diskar PB Kota Bandung, gelar latihan penanganan bencana serta bahaya kebakaran. (BNP/Yurri Erfansyah)
Mal BIP dan IP gaet Diskar PB Kota Bandung, gelar latihan penanganan bencana serta bahaya kebakaran. (BNP/Yurri Erfansyah)

BANDUNGNEWSPHOTO - Proteksi atau perlindungan dari kebencanaan seperti kebakaran, gempa bumi dan sebagainya sangat dibutuhkan oleh gedung-gedung tinggi.

Seperti halnya Kota Bandung merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki banyak gedung-gedung tinggi, wajib memiliki proteksi dari kebakaran dan kebencanaan.

Seperti dikatakan Analis Bencana Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, Asep Saepudin, bahwa setiap gedung harus memiliki proteksi kebakaran dan bencana, utamanya di Kota Bandung yang rawan terjadi bencana kebakaran.

Baca Juga: Terungkap, Mayat Wanita di Kali Cikeas Ternyata Korban Pembunuhan, Ini Pelakunya!

"Setiap gedung di Kota Bandung harus dipastikan aman kebencanaan, tapi tidak hanya sarana proteksi kebakaran saja, juga termasuk kemampuan SDM pengelola gedung untuk menggunakannya," ujarnya seusai Latihan Penanganan Bencana serta Bahaya Kebakaran di mal Bandung Indah Plaza (BIP), Jalan Merdeka, Kota Bandung, Jumat 22 Juli 2022.

Seorang karyawan salah satu tenant berusaha mematikan api menggunakan alat APAR dalam Latihan Penanggulangan Bencana serta Bahaya Kebakaran di mal Bandung Indah Plaza (BIP), Jalan Merdeka, Kota Bandung, Jumat 22 Juli 2022. (BNP/Yurri Erfansyah)

Lebih lanjut Asep mengatakan, para pengelola gedung harus rutin memeriksa sarana proteksi kebakaran dan kebencanaan di gedungnya, seperti hidran, sprikle, titik evakuasi dan lain sebagainya.

"Kami berharap, melalui pelatihan ini manajemen maupun penghuni gedung dapat memanfaatkan sarana proteksi kebakaran dengan maksimal," ucapnya.

Baca Juga: Sempat Dihebohkan Kebakaran Mobil BMW di Basement, BIP Beroperasi Normal

Menurutnya ketika ada kebakaran, paling tidak pengelola dan penghuni gedung bisa menyelamatkan diri sendiri atau memadamkan api yang masih kecil sebelum terjadinya kebakaran besar.

Halaman:

Editor: Ega Gantina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X