• Minggu, 2 Oktober 2022

Workshop Jurnalis Sadar Risiko Bencana Jaga Keselamatan Wartawan Saat Liputan

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 23:08 WIB
Sejumlah peserta melakukan simulasi water rescue saat mengikuti workshop Jurnalis Sadar Risiko Bencana di sungai Cimanuk, Kabupaten Garut, Kamis, 11 Agustus 2022.  (BNP/Lukman Gusmanto)
Sejumlah peserta melakukan simulasi water rescue saat mengikuti workshop Jurnalis Sadar Risiko Bencana di sungai Cimanuk, Kabupaten Garut, Kamis, 11 Agustus 2022. (BNP/Lukman Gusmanto)

BANDUNGNEWSPHOTO - Kegiatan workshop Jurnalis Sadar Risiko Bencana akan bisa menjaga keselamatannya ketika meliput peristiwa bencana khususnya di Jawa Barat yang rawan akan bencana alam.

Demikian dikatakan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum saat membuka Workshop Jurnalis Sadar Risiko Bencana di Hotel Harmoni, Jalan Cipanas, Kabupaten Garut, selama 2 hari, Rabu - Kamis, 10 - 11 Agustus 2022.

Menurut Uu, jurnalis harus memahami tentang mitigasi bencana alam. Selain memberikan informasi terhadap masyarakat, jurnalis juga harus menjaga keselamatan dalam bertugas.

Baca Juga: Ferdy Sambo Terancam Hukuman Mati, Dijerat Pasal Pembunuhan Berencana

"Jurnalis yang paham terhadap bencana maka ketika melakukan peliputan bencana bisa menjaga keselamatannya," kata Uu.

Uu menerangkan melalui workshop ini para jurnalis dibekali materi bagaimana cara meliput di daerah bencana, sehingga diharapkan jangan sampai ketika para jurnalis sedang mencari berita ataupun memburu berita, keselamatan pribadinya tidak diperhitungkan.

"Nah (jadi harus tetap) berita didapat tapi selamat, keselamatan ada berita juga ada, seperti yang diharapkan oleh kita semua," terangnya.

Baca Juga: Rencana Aksi Bobotoh Persib, Yana: Harus Tertib dan Jaga Prokes

Kegiatan yang diselenggarakan Jabar Quick Respons (JQR) dan Diskominfo Jabar ini, dihadiri sekitar 100 jurnalis dari seluruh daerah di Jawa Barat.

Halaman:

Editor: Lukman Gusmanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ridwan Kamil Bantu Warga Depok Penderita Gagal Ginjal

Rabu, 28 September 2022 | 20:09 WIB

Berantas Rentenir dengan Program Kredit MESRA

Sabtu, 24 September 2022 | 21:48 WIB
X