• Senin, 29 November 2021

PMI Kota Bandung Latih Wartawan Melakukan Pertolongan Pertama

- Senin, 4 November 2013 | 09:53 WIB
Cek Nadi Katoris. BNP/Agustian Putra Nurcahyo
Cek Nadi Katoris. BNP/Agustian Putra Nurcahyo

Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung berkerja sama dengan Komite Internasional Palang Merah (ICRC), Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC), PMI Jawa Barat, mengadakan pelatihan Hukum Humaniter dan Pertolongan pertama bagi wartawan Media Safety "First Aid For Journalist" Angkatan IV di Aula PMI Kota Bandung, Jalan Aceh No.79, Kota Bandung, Sabtu (26/10/2013).
 
Acara yang berlangsung pada Sabtu, 26 - 27 Oktober 2013 dihadiri oleh wartawan media cetak, TV, Radio dan Online yang bertujuan, pada saat konflik bersenjata wartawan diperlukan seperti penduduk sipil yang tidak boleh dijadikan sasaran pertempuran, tidak boleh ditangkap dan diberikan serangkaian perlindungan.
 
Menurut Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Jawa Barat Irjen Pol (Purn) Adang Rochjana saat memberi sambutannya, "Melalui pelatihan Hukum Humaniter dan Pertolongan pertama, diharapkan wartawan minimal dapat menolong dirinya sendiri dan tidak menutup kemungkinan untuk dapat menjadi penolong saat siatuasi darurat yang membutuhkan tim medis," katanya
 
Walaupun wartawan telah diberikan perlindungan dan serangkaian hak dan kewajiban saat meliput konflik, namun kerap kali wartawan pun tetap menjadi korban. International Federation of Journalists (IFJ) mencatat, dari 12 Tahun terakhir tidak kurang dari 1.100 wartawan telah menjadi korban saat melakukan tugasnya. Untuk itu Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah International sebagai salah satu yang memiliki mandat untuk menyebarluaskan Hukum Humaniter International, kepada kalangan wartawan Khususnya mereka yang kerap kali meliput konflik.
 
Selain itu, para wartawan diberi pelatihan pertolongan pertama yang bertujuan untuk menolong dirinya sendiri dan tidak menutup kemungkinan apabila orang lain membutuhkan pertolongan dapat membatu.
 
Dikesempatan yang sama saat memberikan praktik, Staf Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung, Ahmad Athori, menyampaikan, "Keterampilan Cardiopulmonary Resuscitation (CPR) atau membantu pernapasan buatan sebaiknya diketahui oleh banyak orang, bukan hanya petugas kesehatan. CPR sangat membantu jika orang terdekat kita mengalami serangan jantung, tak sadarkan diri atau tenggelam di kolam. Dengan melakukan CPR, kita bisa memperpanjang harapan hidup orang yang tak sadarkan diri. Maka itu penting untuk mengetahui bagaimana melakukan CPR yang benar," Katanya.
 
"Poin - poin yang harus di ingat untuk pertolongan pertama ialah Cek bahaya dan keselamatan (Danger/safety), Cek respons (Respone), Buka jalur pernapasan (Airway), Berikan napas buatan (Breaths), Berikan tekanan (Compression) Lakukan secara berulang, Jika pasien sudah bisa bernapas maka letakkan pada recovery position. Yaitu dalam posisi terlentang letakkan tangan kiri ke atas dan tangan kanan menyilang ke telinga, tekuk kaki kanan lalu miringkan pasien ke arah kiri dengan mendorong pundak dan kakinya secara bersamaan. Namun jika pasien tidak bernapas lagi, terlentangkan kembali dan berikan napas buatan serta tekanan di dada," Pungkasnya.
 
Setelah mengikuti Pelatihan Media Safety "First Aid For Journalist" Angkatan IV, para peserta yang terdiri dari wartawan media cetak, TV, Radio dan Online. Para peserta akan diberi sertifikat pelatihan untuk pertolongan pertama. BNP/Agustian Putra Nurcahyo

Editor: Administrator

Terkini

Puncak Imlek di Klenteng An Tjeng Bio Indramayu

Sabtu, 22 Februari 2014 | 06:58 WIB

Masres, Kesenian Pelosok yang Berusaha Tak Terperosok

Sabtu, 7 Desember 2013 | 16:10 WIB

Citomo "Menolak" Perkembangan

Kamis, 5 Desember 2013 | 10:37 WIB

Hidup di Atas Roda Gila

Sabtu, 23 November 2013 | 11:58 WIB

Kampung Wisata Kreatif Dago Pojok dan Tanggulan

Sabtu, 26 Oktober 2013 | 20:43 WIB

Kuda Perang dari Lembah Ciremai

Senin, 30 September 2013 | 22:58 WIB

Grebeg Syawal di Astana Gunung Jati Cirebon

Minggu, 25 Agustus 2013 | 17:04 WIB

Pesona Pulau Biawak di Indramayu

Senin, 8 Juli 2013 | 06:57 WIB

Banjir Tahunan Rendam Bandung Selatan

Minggu, 21 April 2013 | 06:20 WIB

Sepatu Motorcross Kelas Dunia Kreasi Anak Negeri

Jumat, 29 Maret 2013 | 19:28 WIB

Kreasi Unik Topeng Bambu

Jumat, 29 Maret 2013 | 06:21 WIB
X