• Kamis, 27 Januari 2022

Program OPOP Dorong Pesantren Buka Peluang Lapangan Kerja Wujudkan Kemandirian Ekonomi

- Minggu, 24 Oktober 2021 | 10:32 WIB
Salah satu Program One Pesantren One Product (OPOP) adalah terbentuknya Pabrik Gentong Mas di Ponpes Sadang Lebak, Karangpawitan, Garut Jawa Barat. (Rizal FS/Biro Adpim Jabar)
Salah satu Program One Pesantren One Product (OPOP) adalah terbentuknya Pabrik Gentong Mas di Ponpes Sadang Lebak, Karangpawitan, Garut Jawa Barat. (Rizal FS/Biro Adpim Jabar)

BANDUNGNEWSPHOTO - Program One Pesantren One Product (OPOP) membuka peluang lapangan kerja bagi masyarakat di sekitar lingkungan pesantren untuk mewujudkan pesantren memiliki kemandirian ekonomi.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (Dinas KUK) Provinsi Jabar Kusmana Hartadji, Sabtu 23 Oktober 2021.

"OPOP ini akhirnya membuka peluang lapangan kerja. Pesantren merekrut masyarakat sekitar pesantren menjadi tenaga kerja," kata Kusmana.

Baca Juga: Ridwan Kamil Resmikan Auditorium Mutiara SMKN 2 Cibinong Berharap Lahirkan Musisi Hebat

Program OPOP sudah menyentuh lebih dari 2.500 pesantren sejak diluncurkan pada 2019 dan akan terus berlangsung secara bertahap untuk mendorong kemandirian pesantren.

"Karena adanya refocusing akibat pandemi, maka target 2023 nampaknya belum bisa tercapai, tetapi akan tetap kita upayakan," ucapnya.

Pada 2021, sebanyak 1.329 pesantren di Jabar mengikuti audisi tahap I OPOP 2021. Kusmana menjelaskan, dalam audisi tahap I, perwakilan pesantren akan memaparkan program usaha yang sudah berjalan di pesantrennya kepada tim juri. Ada dua kategori usaha, yakni start up dan scale up.

Baca Juga: Hari Santri Momentum Tepat Bagi Santri Untuk Belajar Lebih Baik dan Bermanfaat Bagi Masyarakat

Selain bantuan keuangan, pesantren yang tergabung dalam OPOP akan mendapatkan peningkatkan wawasan dan pengetahuan, serta pendampingan usaha. Hal itu diberikan agar pesantren dapat menghasilkan produk yang memiliki nilai tinggi, baik di pasar domestik maupun internasional.

Halaman:

Editor: Lukman Gusmanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X