• Jumat, 3 Desember 2021

Dekranasda Jabar Dorong UMKM Tenun Tahun 2022 Siapkan Buku Tenun dari ITB

- Rabu, 24 November 2021 | 10:50 WIB
Ketua Dekranasda Jabar Atalia Praratya Ridwan Kamil saat Rapat Kerja Daerah Dekranasda Jabar di Hotel Santika TMII, Jakarta, Selasa, 23 November 2021. (Biro Adpim Jabar/Rizal FS)
Ketua Dekranasda Jabar Atalia Praratya Ridwan Kamil saat Rapat Kerja Daerah Dekranasda Jabar di Hotel Santika TMII, Jakarta, Selasa, 23 November 2021. (Biro Adpim Jabar/Rizal FS)

BANDUNGNEWSPHOTO - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Barat akan fokus mendorong produk UMKM tenun yang akan dimulai tahun 2022. Dekranasda Jabar saat ini sedang membuat buku tenun yang disusun oleh para ahli dari Institut Teknologi Bandung (ITB).

"Tahun 2022 kita akan mendorong tenun, kita juga saat ini sedang melakukan upaya yaitu membuat buku tenun Jawa Barat," kata Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Barat Atalia Praratya Ridwan Kamil saat membuka acara Rapat Kerja Daerah Dekranasda Jabar di Hotel Santika TMII, Jakarta, Selasa, 23 November 2021.

"Tidak main-main, timnya adalah doktor, bersama dengan jajaran yang sangat peduli dengan pengembangan tenun. Mudah-mudahan bisa menambah khasanah tenun di Indonesia," tambah Atalia.

Baca Juga: Ridwan Kamil Tawarkan Potensi Rebana dan Kopi Jabar Kepada Dubes Ukraina

Dekranasda Provinsi Jawa Barat fokus mendorong produk UMKM tenun sejalan dengan keinginan Dewan Kerajinan Nasional untuk mendorong kelahiran wirausaha baru tenun.

Dalam kesempatan itu, Atalia juga menitipkan beberapa pesan kepada pengurus Dekranasda Jabar dan kota/kabupaten. Pertama, Atalia meminta pengurus Dekranasda Jawa Barat dan kota/kabupaten untuk rajin menyosialisasikan kegiatan dan program UMKM.

Sebab, dirinya menerima banyak laporan dari para pelaku UMKM yang mengaku tidak pernah tahu tentang kegiatan dan program Dekranasda. Sehingga ada kesan jika Dekranasda merupakan organisasi yang eksklusif.

Baca Juga: Keanekaragaman Hayati di Jabar Harus Dijaga Sebagai Aset

"Dari saya, pertama saya mencoba mengurai kebutuhan masyarakat saat ini, saya banyak mendapatkan masukan dan juga banyak yang tiba-tiba masuk email, media sosial dan sebagainya. Mereka banyak yang tidak tahu kegiatan Dekranasda sehingga mereka merasa kita menjadi organisasi eksklusif," kata Atalia.

Halaman:

Editor: Lukman Gusmanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

UMP Jabar Tahun 2022 Naik

Minggu, 21 November 2021 | 07:52 WIB
X