• Sabtu, 2 Juli 2022

Omzet Toko Oleh-Oleh Haji dan Umrah di Bandung Naik Hingga 80 Persen

- Selasa, 24 Mei 2022 | 20:52 WIB
Sejumlah pengunjung melihat oleh-oleh haji dan umrah di salah satu pertokoan  di Pasar Baru Bandung, Selasa, 24 Mei 2022. (Humas Pemkot Bandung)
Sejumlah pengunjung melihat oleh-oleh haji dan umrah di salah satu pertokoan di Pasar Baru Bandung, Selasa, 24 Mei 2022. (Humas Pemkot Bandung)

BANDUNGNEWSPHOTO - Omzet toko oleh-oleh haji dan umrah di Bandung naik hingga 80 persen setelah pemberangkatan jemaah haji Indonesia mulai dibuka kembali.

Kenaikan omzet toko oleh-oleh haji dan umrah mulai dirasakan sejumlah pertokoan di Pasar Baru Bandung setelah dua tahun lamanya sepi akibat pandemi Covid-19.

Menurut pemilik Toko Hasanah, Risma Febrian Safitri, dampak pandemi sangat terasa bagi usahanya yang telah ia jalani sejak 2014. Menurutnya, yang paling riskan dari usahanya ini adalah oleh-oleh makanan seperti kurma, kacang-kacangan, dan cokelat.

Baca Juga: Dani Ramdan Resmi sebagai Penjabat Bupati Bekasi setelah dilantik Wagub Uu Ruzhanul Ulum

"Makanan yang paling berdampak karena sepinya pembeli. Sampai banyak yang expired (kedaluarsa), akhirnya kita buang. Kurma juga kita jual murah jadinya, meski expirednya masih lama," ungkap Risma dikutip bandungnewsphoto.com dari bandung.go.id, Selasa 24 Mei 2022.

Menurut Risma, akibat sepinya pembeli, omzet yang ia peroleh turun hingga 60 persen dari biasanya.

"Tapi sekarang Alhamdulillah sudah naik 80 persen. Mulai naik waktu bulan puasa. Banyak yang cari kurma, sarung, dan sajadah," katanya.

Baca Juga: Indonesia Peringkat Tiga SEA Games 2021 Vietnam, Thailand Peringkat Dua dan Tuan Rumah Peringkat Satu

Oleh-oleh Risma, biasanya sudah dalam bentuk paketan kecil. Harganya mulai dari Rp12.000 per paket.

Halaman:

Editor: Lukman Gusmanto

Sumber: Bandung.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X