• Minggu, 2 Oktober 2022

PayPal, Steam, Dota, CS Go, Yahoo, Origin, dan EpicGames Diblokir Menkominfo

- Senin, 1 Agustus 2022 | 20:17 WIB
Ilustrasi pengguna platform digital. (Pixabay/ExplorerBob)
Ilustrasi pengguna platform digital. (Pixabay/ExplorerBob)

BANDUNGNEWSPHOTO - Sebanyak tujuh Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) yakni PayPal, Steam, Dota, CS Go, Yahoo, Origin.com, dan EpicGames, diblokir oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo).

Pemblokiran tersebut dilakukan lantaran platform digital tersebut belum mendaftar dan mematuhi aturan sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat.

Menkominfo Johnny G. Plate mengatakan, pihaknya saat ini masih membuka pembicaraan dengan platform digital tersebut untuk normalisasi kegiatan di ruang digital.

Baca Juga: SIM Outlet Hadir di Mal Pelayanan Publik Bandung, Inilah Persyaratan Perpanjangan SIM

“Yang hingga saat ini termasuk Paypal dan Steam, ya kami telah melakukan normalisasi kegiatan di dalam ruang digital dengan catatan ya, PSE tersebut tetap harus memenuhi kewajiban pendaftarannya,” ujar Johnny di KPU, Jakarta, Senin, 1 Agustus 2022.

Johnny mengklaim Kominfo berkomunikasi secara langsung dengan perusahaan yang melibatkan kedutaan besar negara-negara tempat PSE itu berada.

Tujuh PSE yang diblokir aksesnya oleh Kemkominfo tersebut terus dilakukan koordinasi agar mendaftar PSE. Namun, tiga dari tujuh PSE hingga saat ini tidak memberikan respons, yakni Yahoo, Origin.Com, dan EpicGames.

Baca Juga: Ketua DPR Minta Pemda Wadahi Kreativitas Anak Muda Citayam Fashion Week Agar Tetap Bisa Tersalurkan

Menurut Johnny, agar bisa beroperasi kembali, PSE yang diblokir harus mengikuti persyaratan dari pemerintah. Persyaratan itu untuk melindungi kepentingan masyarakat Indonesia di ruang digital.

Halaman:

Editor: Lukman Gusmanto

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Perda APBD Perubahan Jabar 2022 Resmi Disahkan

Kamis, 29 September 2022 | 21:08 WIB

Harga Telur Ditargetkan Turun dalam Dua Pekan Kedepan

Kamis, 25 Agustus 2022 | 21:28 WIB

Ribuan Orang Serbu Festival Kuliner Gedung Sate

Jumat, 19 Agustus 2022 | 20:01 WIB
X