• Kamis, 19 Mei 2022

Gara-gara Popularitas Drama Korea dan K-Pop, Ekspor Kimchi dari Korea Selatan Naik Pesat

- Selasa, 25 Januari 2022 | 11:32 WIB
Ilustrasi kimchi. Popularitas drama Korea dan musik K-Pop menjadi salah satu faktor  nilai ekspor makanan Kimchi naik pesat (Pixabay)
Ilustrasi kimchi. Popularitas drama Korea dan musik K-Pop menjadi salah satu faktor nilai ekspor makanan Kimchi naik pesat (Pixabay)

BANDUNGNEWSPHOTO - Imbas popularitas drama Korea Selatan juga perkembangan musik Pop Korea di luar negara Korea sendiri tentu menjadi salah satu faktor naiknya nilai ekspor kimchi ke luar negeri.

Kimchi adalah makanan khas Korea Selatan dan sering di jumpai dalam drama Korea, tentu membuat penggemar K-Pop juga drama Korea penasaran dengan rasanya.

Tidak bisa dipungkiri juga popularitas musik pop dan drama Korea di luar negeri diyakini menjadi salah satu faktor yang mendorong pertumbuhan ekspor kimchi.

Baca Juga: Dua Nelayan Indonesia Didenda Rp50 Ribu Karena Keluar Hotel Karantina Selama 1 Menit

Dikutip dari Antaranews, nilai ekspor kimchi dari Korea Selatan tahun lalu dikabarkan mencapai rekor tertinggi yaitu 159,9 juta dolar AS (Rp2,2 triliun) degan surplus 19,2 juta.

Dikutip dari Korea Times, bahwa Kementerian Pertanian, Pangan dan Urusan Pedesaan mengatakan bahwa surplus ini adalah pertama kalinya dalam perdagangan kimchi sejak 2009.

Dan menurut Kementerian Pertanian, dalam lima tahun nilai ekspor Kimchi telah tumbuh sebesar 18 persen setiap tahunnya.

Baca Juga: Setelah 13 Tahun, Woolim Entertainment Putus Kontrak Sungjong INFINITE

Dan juga diikuti kenaikan jumlah negara pengimpor Kimchi yang naik dalam lima tahun dari 61 negara menjadi 89 negara.

Halaman:

Editor: Ega Gantina

Sumber: Antaranews.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X