• Kamis, 19 Mei 2022

Heboh Dalam Sebulan Terakhir, Pakar Unpad Ungkap Seluk-beluk NFT

- Rabu, 26 Januari 2022 | 09:27 WIB
fenomena Non-Fungible Token (NFT) populer di tanah air dalam sebulan terakhir (Dok Freepix/Unpad.ac.id)
fenomena Non-Fungible Token (NFT) populer di tanah air dalam sebulan terakhir (Dok Freepix/Unpad.ac.id)

BANDUNGNEWSPHOTO - Dipicu oleh larisnya foto selfie "Ghozali EveryDay", fenomena Non-Fungible Token (NFT) populer di tanah air dalam sebulan terakhir.

Bahkan, tanpa dibekali pengetahuan yang cukup soal mekanisme dan aturan mainnya, banyak orang Indonesia yang mencoba meniru langkah Ghozali yang mampu mendulang miliaran rupiah.

Larisnya tokenisasi foto “Ghozali Everyday” di lokapasar (marketplace) Open Sea NFT menjadi pemantik meningkatnya keingintahuan dan eksperimen dalam NFT.

Baca Juga: Video Lari 30 Menit di Cianjur Viral, Kak Seto Trending Topic

Menurut Dosen Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran Dr.rer.pol. Hamzah Ritchi, M.BIT., Ak., perkembangan NFT di Indonesia termasuk cepat seiring perkembangan industri tersebut di tingkat global.

Dikatakannya, hal ini dimungkinkan seiring makin terbuka dan meningkatnya pemahaman mengenai blockchain, perdagangan mata uang kripto, serta infrastruktur teknologi yang makin menunjang.

“Jika dilihat dari pertama kalinya transaksi NFT dikenalkan oleh artis digital Kevin McCoy ada 2014, perkembangan NFT Indonesia pada 2021 termasuk cepat,” ungkap Ritchi seperti dikutip BandungNewsPhoto dari Kanal Media Unpad.

Baca Juga: Pemilu Serentak Ditetapkan Digelar 24 Februari 2024, Begini Reaksi Puan Maharani

Kendati cepat, masyarakat Indonesia masih berada dalam tahap awal perkenalan. Eksplorasi atas industri ini masih terus dilakukan. Pasca larisnya tokenisasi swafoto Ghozali Everyday, eksperimen atas penjualan di Open Sea terus dilakukan.

Apa Itu NFT? Ritchi memaparkan, NFT merupakan bentuk aset kripto lain yang memanfaatkan infrastruktur blockchain. Blockchain sendiri dikenal sebagai platform dasar transaksi mata uang kripto. Berbeda dengan mata uang fisik dan kripto, token NFT justru membedakan bahwa kopi aset satu dengan lainnya menjadi unik/tidak sama (non-fungible).

Halaman:

Editor: Bobby Satria

Sumber: unpad.ac.id.

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X