• Senin, 4 Juli 2022

Sederet Alasan Pentingnya Susu untuk Tulang Sehat dan Kuat Para Lansia

- Selasa, 8 Maret 2022 | 14:38 WIB
Ilustrasi lansia minum susu (anlene.com)
Ilustrasi lansia minum susu (anlene.com)

BANDUNGNEWSPHOTO - Beragam penyakit tulang seperti osteoporosis dan osteoarthritis biasanya mengancam bagi siapapun yang memasuki usia senja. Meningkatnya usia akan berbarengan dengan bertambahnya risiko terkena berbagai macam penyakit termasuk bagian tulang.

Dikutip dari laman anlene.com, setiap sel yang membentuk tulang secara rutin diganti atau diregenerasi. Frekuensi aktivitas tersebut sering terjadi di usia muda, puncaknya di sekitar 30 tahun.

Namun, siklus tersebut mulai melambat seiring bertambahnya usia. Karena siklus yang melambat, tulang yang dulu selalu dalam kondisi prima kini mulai menurun, begitu juga dengan massa tulang yang semakin menipis sedikit demi sedikit.

Baca Juga: Mengenal Lesser Lord Kusanali, Sang Archon Termuda di Genshin Impact

Dengan kata lain, tulang berfungsi sebagai penopang tubuh menjadi lebih mudah keropos dan rapuh di usia senja. Dimulai dari keterbatasan bergerak, beragam jenis penyakit tulang pun mulai mengintai di depan.

Karena itu agar tetap bisa bebas aktif dan menikmati masa tua, penting untuk menjaga dan memelihara tulang agar tetap sehat dan kuat.

Untuk bisa membentuk tulang yang kuat dan sehat, yang bisa kamu lakukan adalah dengan memenuhi kebutuhan harian akan nutrisi penting. Nutrisi tersebut di antaranya kalsium dan vitamin D, protein dan magnesium, serta kolagen dan vitamin C.

Baca Juga: 5 Berita Terpopuler 7 Maret 2022: Dari Pencalonan Haji Yoko Anggasurya Hingga Profil Tri Andayani

Kalsium dan Vitamin D

Kandungan kalsium harian yang diperlukan adalah sebanyak 1000 mg. Mineral penting ini bisa didapatkan dari berbagai sumber seperti susu dan produk olahannya, kacang almond, sayur brokoli, pokcoy, dan kale. Mengetahui tingkat kepadatan dan kekuatan tulang bisa dilakukan dengan pemeriksaan sederhana, yakni bone scan.

Kalsium saja tidak cukup, vitamin yang mengoptimalkan penyerapannya juga sama pentingnya. Peran inilah yang diemban vitamin D. Setiap orang direkomendasikan
mendapatkan asupan vitamin D setidaknya 20 mcg. Orang tua bisa dengan mudah mendapatkannya dengan paparan sinar matahari pagi. Sebagai alternatif, vitamin D bisa juga didapatkan dari ikan sarden, tuna, ati, telur, dan susu.

Halaman:

Editor: Bobby Satria

Sumber: anlene.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X