• Senin, 4 Juli 2022

Pemilu Serentak Ditetapkan Digelar 24 Februari 2024, Begini Reaksi Puan Maharani

- Rabu, 26 Januari 2022 | 08:24 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani (dpr.go.id)
Ketua DPR RI Puan Maharani (dpr.go.id)

BANDUNGNEWSPHOTO - Pemerintah dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah memutuskan Pemilu 2024 dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024.

Ketua DPR RI, Dr. (H.C) Puan Maharani berharap keputusan ini membuat persiapan penyelenggaraan pesta demokrasi Indonesia itu semakin matang.

“Saya memberi apresiasi kepada Pemerintah dan penyelenggara pemilu yang bersama-sama DPR telah menemukan kesepakatan dalam pelaksanaan Pemilu serentak 2024. Kesepakatan yang diambil secara cermat dengan mempertimbangkan segala aspek ini adalah hal yang baik demi semakin terjaminnya hak konstitusional warga dalam Pemilu,” ujar Puan dalam keterangan tertulis yang dikutip BandungNewsPhoto.com dari laan DPR RI, Rabu, 26 Januari 2022.

Baca Juga: Piala Afrika 2021: Tendangan Spektakuler Hakimi Bawa Maroko Perempat Final

Puan berharap keputusan bersama tersebut akan meningkatkan kualitas demokrasi di Tanah Air. “Pemilu 14 Februari, persiapan harusnya lebih matang, agar kekurangan pemilu sebelumnya tidak terulang, sehingga Pemilu berjalan dengan baik dan hak konstitusional rakyat bisa terpenuhi,” ucap politisi PDI-Perjuangan itu.

Usai keputusan pelaksanaan Pemilu ini, Puan mengingatkan agar tahapan Pemilu yang harus dibuat dapat dilakukan dengan seksama. Ia meminta agar dalam penyusunan Peraturan KPU (PKPU) tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Pemilu, semua harus mengedepankan kepentingan rakyat.

“Termasuk bagaimana dalam proses pelaksanaan nanti, jangan sampai ada celah dalam pemenuhan aspek protokol kesehatan. Sambil kita berharap nantinya kondisi Pandemi Covid-19 di Indonesia semakin membaik,” tutur mantan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) itu.

Baca Juga: Piala Afrika 2021: Senegal Singkirkan 9 Pemain Tanjung Verde

Ia menegaskan pihaknya akan terus mendukung tahapan proses Pemilu 2024. Puan menyebut, Negara harus menjamin hak konstitusi rakyat dengan memberikan jaminan terhadap pelaksanaan Pemilu dengan asas langsung, umum,bebas, rahasia, jujur, dan adil (luber jurdil).

“DPR akan siap dukung, khususnya dalam hal anggaran di setiap tahapan demi penyelenggaraan Pemilu yang semakin baik,” sebutnya.

Halaman:

Editor: Bobby Satria

Sumber: dpr.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Innalillahi, Mieke Wijaya Tutup Usia

Rabu, 4 Mei 2022 | 08:51 WIB

Konflik Persija dan Marko Simic Berlanjut ke FIFA?

Kamis, 28 April 2022 | 09:18 WIB

Ligue 1: Rennes dan Nice Berbagi Poin

Minggu, 3 April 2022 | 00:08 WIB
X