• Senin, 4 Juli 2022

Gunung Anak Krakatau Siaga Level 3, Waspadai Tsunami!

- Selasa, 26 April 2022 | 11:01 WIB
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan, Gunung Anak Krakatau mengalami erupsi hingga sembilan kali pada Jumat, 4 Februari 2022 (Dok. PVMBG)
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan, Gunung Anak Krakatau mengalami erupsi hingga sembilan kali pada Jumat, 4 Februari 2022 (Dok. PVMBG)

BANDUNGNEWSPHOTO - Ancaman tsunami harus mulai diwaspadai terkait peningkatan status kewaspadaan Gunung Anak Krakatau (GAK) menjadi Siaga Level 3.

Apalagi, Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus memantau adanya penumpukan material pembentuk badan Gunung Anak Krakatau (GAK) yang berpotensi memicu tsunami.

Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM Eko Budi Lelono dalam konferensi pers kewaspadaan Gunung Anak Krakatau secara daring diikuti di Jakarta, Senin, 25 April 2022 malam, mengatakan saat ini GAK berkemungkinan membentuk badan baru setelah erupsi tahun 2018.

Baca Juga: Jangan Terlewat, Begini Alur Pendaftaran Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) 2022

Saat erupsi, material yang bertumpuk membentuk badan tersebut dapat terlontar hingga radius 5 kilometer.

Disebutkan, longsoran material yang terjadi saat erupsi GAK bisa membentuk potensi tsunami seperti yang terjadi pada tahun 2018.

"Mungkin saat ini kalau kita bandingkan dengan tahun itu, volumenya belum sebesar itu, dan juga dari sisi morfologi, juga belum curam," kata Eko seperti dikutip dari Antaranews.com.

Baca Juga: Gunung Anak Krakatau Siaga Level 3, BMKG Ingat Pemda, Pengelola Usaha dan Masyarakat Bersiaga

Namun Eko mengatakan pihaknya terus memantau potensi tersebut apabila volume material yang bertumpuk sudah cukup besar.

"Ini harus kita waspadai bersama karena bisa memicu potensi untuk runtuh dan bisa menimbulkan gelombang tinggi atau tsunami," kata dia.

Halaman:

Editor: Bobby Satria

Sumber: Antaranews.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Innalillahi, Mieke Wijaya Tutup Usia

Rabu, 4 Mei 2022 | 08:51 WIB

Konflik Persija dan Marko Simic Berlanjut ke FIFA?

Kamis, 28 April 2022 | 09:18 WIB

Ligue 1: Rennes dan Nice Berbagi Poin

Minggu, 3 April 2022 | 00:08 WIB
X